Pentingnya Uji Emisi Gas Buang Pada Kendaraan

MOBIL MOGOK - Uji Emisi memang sebuah aturan bagi kendaraan, di negara maju aturan tersebut sangat ketat namun berbeda dengan negara berkembang yang tidak terlalu ketat bahkan ada yang tidak tahu jika kita tanya orang2 di pelosok hehehehe.... namun sebetulnya apa itu uji emisi bas buang dan apa saja sih yang di uji. dan apa tujuanya. berikut ulasannya.

Di dalam proses pembakaran di dalam mesin itu menghasilkan gas buang dan di dalam gas buang tersebut terdapat beberapa senyawa yang jika berlebihan dapat membahayakan kesehatan beberapa senyawa dalam gas buang kendaraan adalah HC, CO, CO2, 02 dan senyawa NOx apa senyawa2 tersebut berikut ini.

Pentingnya Uji Emisi Gas Buang Pada Kendaraan


Pentingnya Uji Emisi Gas Buang Pada Kendaraan

  • Senyawa Hidrokarbon (HC) 
Bensin yaitu senyawa hidrokarbon, jadi tiap-tiap HC yang didapat di gas buang kendaraan memperlihatkan ada bensin yg tidak terbakar serta terbuang berbarengan bekas pembakaran.

  • Karbon Dioksida (CO2)
Konsentrasi CO2 menunjukkan secara langsung status sistem pembakaran di area bakar. Makin tinggi maka makin baik. Waktu AFR ada di angka ideal, emisi CO2 berkisar pada 12% hingga 15%. Jika AFR terlampau kurus atau terlampau kaya, maka emisi CO2 bakal turun dengan cara drasfis. Jika CO2 ada di bawah 12%, maka kits mesti lihat emisi lainnya yang memperlihatkan apakah AFR terlampau kaya atau terlampau kurus.

  • Carbon Monoksida (CO)
Gas karbonmonoksida yaitu gas yang relative tak stabil serta condong bereaksi dengan unsur lain. Carbon monoksida, bisa dirubah dengan gampang jadi CO2 dengan bantuan sedikit oksigen serta panas. Waktu mesin bekerja dengan AFR yang pas, emisi CO pada ujung knalpot berkisar 0. 5% hingga 1% untuk mesin yang dilengkapi dengan system injeksi atau kira-kira 2. 5% untuk mesin yang tetap memakai karburator. Dengan pertolongan air injection sistem atau CC, maka CO bisa di buat serendah barangkali mendekati 0%.

  • Oksigen (O2) 
Konsentrasi dari oksigen di gas buang kendaraan berbanding terbalik dengan konsentrasi CO2. Untuk memperoleh sistem pembakaran yang sempuma, maka kandungan oksigen yang masuk ke area bakar mesti memenuhi untuk tiap-tiap molekul hidrokarbon. 
Dalam area bakar, kombinasi udara serta bensin bisa terbakar dengan sempurna jika wujud dari area bakar itu melengkung dengan cara sempurna. Keadaan ini sangat mungkin molekul bensin serta molekul udara bisa dengan gampang bertemu untuk bereaksi dengan sempurna pada sistem pembakaran.

  • NOx 
Senyawa NOx yaitu ikatan kimia pada unsur nitrogen serta oksigen. Dalam keadaan normal atmosphere, nitrogen yaitu gas inert yang sangat stabil yg tidak bakal berikatan dengan unsur lain. Namun dalam keadaan suhu tinggi serta desakan tinggi dalam area bakar, nitrogen bakal memecah ikatannya serta berikatan dengan oksigen.

sekian tentang Pentingnya Uji Emisi Gas Buang Pada Kendaraan, semoga bermanfaat.............

(sumber : http://infobalapliarjakarta.blogspot.com/2013/09/kandungan-yang-terdapat-pada-asap.html)

Pentingnya Uji Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia