Teknik Drifting Mobil

MOBIL MOGOK - Setelah sebelumnya saya tulis mengenai teknik dasar Drifting, pada kesempatan kali ini akan saya ulas tentang teknik-teknik drift yang biasa dilakukan oleh para profesional pada even-even drift. dan tanpa banyak basa basi berikut ini langsung ke TKP.

Teknik Drifting Mobil


  • Clutch Kick
Teknik ini digunakan untuk memicu drift tanpa mengurangi kecepatan. Caranya saat belok injak kopling sambil full throttle dan revving mesin, baru lepas kopling. Proses harus dilakukan sekedip mata agar mesin tidak over-rev.

  • Shift Lock Drift 
Hampir mirip dengan cluth kick, hanya bedanya drifter tinggal memindahkan gigi lebih rendah untuk menurunkan rpm lalu lepas kopling untuk melambatkan roda belakang agar oversteer.


Teknik Drifting Mobil

  • Manji Drift 
dalam teknik ini, mobil bagaikan pena diatas aspal. Dijalan lurus bagian blakang mobil dibuat bergoyang-goyang ke kanan dan ke kiri, oversteer perlahan dari sisi ke sisi yang lain dengan perpaduan pengaturan gas ditambah counter steering yang baik. teknik ini meninggalkan jejak zigzag di aspal sebelum akhirnya masuk ke tikungan.

  • Hanbrake Drift 
Caranya injek kopling, belokin stir, tarik handbrake saat deselerasi buat ngilangin traksi roda belakang dari jalan, kalo bokong mobil dah ngerasa nggeser lepas handbrake, lepas kopling trus injek dan atur gas dan jangan lupa untuk counter steer biar seimbang dan ngga trjadi spin. dan Biasanya orang yang pake teknik ini, pedal handbrake mobil standard diganti, biar kalo ditarik ga’ ngunci.

  • Power Over Drift 
Saat belok, tinggal injek pedal gas dalam-dalam. kalo mang mobilnya kuat, pasti ngeslide. dan mobil yang dipake harus punya torsi yang gede biar traksi roda blakang bisa pecah.

  • Kansei Drift 
saat lagi kenceng2nya mobil belok tiba2 mengangkat kaki dari pedal gas. Hal itu bikin distribusi bobot mobil pindah kedepan dan otomatis bikin bokong mobil nggeser, saat itu kembali ijek+atur gas en counter steer biar seimbang en ga’ spin.

  • Braking Drift 
Saat belok selain dekelerasi, dengan nginjek pedal ram dalem2 distribusi bobot pindah kedepan otomatis traksi ban blakang ilang, tinggal atur gas ama couter steer. Biasanya braking drift dipakai jika tikungan cukup tajam.

  • Feint Drift 
feint biasanya teknik yang dipake para perelly. Feint drift seperti efek pendulum, jadi bawa mobil kearah berlawanan dari tikungan, trus tiba-tiba balik ke arah tikungan. Jika dibayangkan, seperti teknik buang bokong mobil biar ngeslide.
selengkapnya : sumber

sekian tentang Teknik Drifting Mobil, dan semoga bermanfaat..................

Teknik Drifting Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia