Cara Menyetel Servo / Booster Rem Mobil

MOBIL MOGOK - Servo / Booster Rem adalah komponen Rem pada Mobil. cara kerja alat ini adalah untuk memberikan tekanan pada Master Rem agar pedal rem menjadi ringan ketika di injak. jika rem pada mobil tidak memakai Servo / Booster maka yang terjadi adalah rem menjadi keras dan kurang pakem. bekerja dengan memanfaatkan kevakuman udara dari intake manipold ( manipold udara ) kebanyakan pada mesin bensin, maupun kevakuman yang dihasilkan dari blower yang terdapat di dinamo pengisian ini biasa dipakai di mesin diesel.

Cara Menyetel Servo / Booster Rem Mobil


Gejala Servo / Booster Rem Rusak

Gejala Seputar Rem Rusak itu banyak tandanya, salah satunya bersumber dari Servo / Booster. Gejala yang biasa terjadi pada Servo / Booster Rem yang rusak yang paling mudah diketahui adalah pedal rem akan keras jika dinjak dan pastinya akan berakibat pengereman kurang maksimal. jika terjadi kebocoran pada karet Seal biasa terdengar bunyi desis udara ketika rem di injak maupun ketika tidak di injak dalam keadaan mesin hidup. pada mobil dengan mesin bensin, kebocoran pada servo juga akan menyebabkan mesin susah lansam, ini pasti karena sama saja dengan intake manipold bocor.

Penyebab Rem Mobil Keras


Penyebab dari rem mobil keras itu karena Servo / Booster Rem yang rusak, seperti dijelaskan diatas. nah untuk lebih jelasnya tentang yang menyebabkan rem keras itu adalahsebagai berikut.
  • Kebocoran pada selang vacum Servo / Booster Rem.
  • selang vacum Servo / Booster Rem mampet.
  • Kebocoran pada karet seal servo.
  • Rusaknya Blower vacum pada dinamo pengisian ( mesin diesel )
  • Tabung angin penuh dengan oli akibat pentil blower rusak ( Mesin diesel )
  • Servo / Booster Rem rusak.
Pada kendaraan berat jenis truk, banyak juga yang menambah tabung / memperbesar tabung untuk menambah daya vacum servo.

Cara Menyetel Servo / Booster Rem Mobil


Ini perlu diketahui bilamana terjadi kerusakan parah dan memerlukan penggantian. Servo / Booster Rem Mobil itu perlu dilakukan penyetelan /  disetel, karena kalo tidak yang terjadi adalah rem jika diinjak akan dalam dan juga rem bisa macet. bagaimana cara meyetelnya itu mudah, anda hanya tinggal mengatur panjang pendek as pendorong. atur hingga pas, tidak renggang dan tidak mendorong mater rem. dan disarankan untuk mendongkrak / mengangkat satu roda depan untuk memastikan rem tidak macet. di bagian mana saja letak yang harus di setel bisa dilihat di gambar berikut.



Sekian tentang Cara Menyetel Servo / Booster Rem Mobil dan semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. 

Cara Menyetel Servo / Booster Rem Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia