Penyebab dan Cara Memperbaiki Oli Masuk Ke Radiator

MOBIL MOGOK - Terdapat dua cairan di dalam mesin, oli yang berfungsi sebagai pelumas dan cairan pendingin untuk mendinginkan mesin. Didalam mesin kedua cairan ini mengalir melalui saluran-salurannya masing-masing dan letak saluran-saluran tersebut berdekatan dan kadang hanya dipisahkan oleh gasket dan karet sil O ring. kadang suka ditemui oli yang bercampur dengan air ataupun sebaliknya yaitu air yang bercampur oli. untuk oli yang bercampur air bisa dilihat di lubang pemasukan oli akan terlihat oli berubah warna menjadi putih susu. dan jika air yang bercampur oli akan terlihat di radiator akan ada oli yang mengambang berwarna putih.

Penyebab Oli Bercampur Air ( Cairan Pendingin )


Penyebab oli bercampur dengan air maupun sebaliknya adalah berasal dari Gasket Head / Perpak Deksel ( Cylinderhead Gasket ) dan dari Pendingin Oli ( Oil Cooler ). jika terjadi kerusakan atau kebocoran di Cylinderhead Gasket maka yang akan terjadi adalah oli pelumas akan bercampur dengan cairan pendingin yang menngakibatkan oli menjadi berwarna putih kecoklatan. sebaliknya jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada pendingin oli ( Oil Cooler ) yang banyak terdapat di Mesin Diesel untuk Truk maka yang akan terjadi adalah oli masuk ke radiator atau dalam artian cairan pendingin akan bercampur oli.

oil cooler

Cara Memperbaiki Oli Bercampur Air ( Cairan Pendingin )


Hal tersebut bisa terjadi karena saluran air dan oli berdampingan terlebih untuk oil cooler yang digunakan untuk mendinginkan oli pada mesin mobil yang menggunakan media untuk pendinginannya cairan pendingin. berbeda dengan motor yang ada memakai udara untuk pendinginnya. bagaimana cara memperbaikinya yang pasti anda harus melakukan pembongkaran dan penggantian gasket, sil maupun O ring ( ring karet ) yang berfungsi sebagai penyekatnya.

Sekian tentang Penyebab dan Cara Memperbaiki Oli Masuk Ke Radiator dan semoga bermanfaat.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Oli Masuk Ke Radiator Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia