Perawatan Dan Penggantian Oli Transmisi Mobil Matic / Matik

MOBIL MOGOK - Kenyamanan Dan simpelnya Mobil Matic / matik banyak membuat Mobil dengan Transmisi Otomatis ( Automatic Transmision ) menjadi pilihan bagi sebagian kalangan. untuk jalanan di kota-kota besar di indonesia yang sering macet, memang menggunakan mobil matic mempunyai keuntungan dengan tidak cape harus memindah-mindah gigi dan injak kopling. dan itu pastinya yang menjadi alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan Mobil Matik untuk mobilitasnya.

Mobil Matic memang termasuk mobil yang tidak murah, dan ingat perawatannya pun tidak bisa disamakan dengan Mobil Manual. jika Transmisi Automatic rusak biayanya akan lebih mahal dari yang manual. tapi kebanyakan kerusakan Transmisi itu dikarenakan kebiasaan buruk dan tidak melakukan Perawatan Berkala yang salah satunya adalah Penggantian Oli Transmisi. bagaimana cara merawatnya, berikut ini.

Perawatan Dan Penggantian Oli Transmisi Mobil Matic / Matik


Perawatan Dan Penggantian Oli Transmisi Mobil Matic / Matik

  • Penggantian Oli Transmisi setiap 20.000 Km. oli yang digunakan jenis ATF ( Automatic Transmission Fluid )
  • Pengurasan Oli Transmisi setiap 40.000 Km. dan penggantian saringan oli.
  • Biasakan selalu mengecek ketinggian level oli melalui batang pengontrol ( Dipstick ).

Penggantian oli secara teratur adalah hal terpenting, mengingat cara kerja jenis transmisi ini adalah hidrolis. pengurasan juga penting dilakukan agar tidak ada kotoran atau gram dari gesekan kopling yang menyumbat. jika tidak melakukan perawatan berkala, maka resiko kerusakan akan membayangi, terutama kopling aus. dan untuk mendeteksi kopling aus pada transmisi matic dilakukan sebagai berikut.

Cek Keausan Kopling Transmisi Matic


  • ketika tuas dimasukan ke posisi "D" atau "R" dan rem di lepas kopling yang dalam kondisi normal maka akan terjadi mobil sedikit berjalan pelan, dan jika tidak maka anda patut curiga ada masalah di transmisi mobil anda.
dan akhirnya sekian dulu tentang Perawatan Dan Penggantian Oli Transmisi Mobil Matic / Matik dan semoga bermanfaat. serta terimakasih atas kunjungannya ke blog ini.

Perawatan Dan Penggantian Oli Transmisi Mobil Matic / Matik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia