Tanda Atau Gejala Metal Duduk / Jalan Aus Pada Mesin Mobil

MOBIL MOGOK - Metal Duduk ( Main Bearing ) dan Metal Jalan ( Journal Bearing ) adalah salah satu komponen dari suatu mesin dimana fungsi secara umumnya adalah untuk bantalan suatu crankshaft mesin. terdapat di mesin diesel dan Bensin ( Mobil ). Metal Duduk ( Main Bearing ) terletak di Blok Mesin sebagai Bantalan antara kruck As / Poros Engkol dengan Blok Mesin ( Engine Block ) sedangkan Metal Jalan ( Journal Bearing ) teletak di Stang seher / batang torak atau connecting rod berfungsi sebagai bantalan antara Kruk As dengan connecting rod.

Tanda Atau Gejala Metal Duduk / Jalan Aus Pada Mesin Mobil


Fungsi dari Metal Duduk ( Main Bearing ) dan Metal Jalan ( Journal Bearing )
  • Sebagai pencegah terjadinya friksi antara logam dengan logam, sehingga diperlukan adanya pelumas agar tidak terjadi gesekan yang terlalu besar.
  • Untuk menahan agar tidak terjadi lendutan.

Pemasangan Metal tidak boleh terlalu rapat dan terlalu longgar. jika rapat maka akan macet dan jika longgar maka akan menimbulkan bunyi. makanya ada ukuran kerenggangan khusus. Poros engkol atau Kruk as dalam keadaan mesin hidup sebenarnya tidak bertumpu pada Metal melainkan melayang ditumpu oleh fluida yang dalam hal ini yang menjadi fluidanya adalah oli / pelumas dan Oli itu dapat menumpu pada putaran tertentu karena salah satu sifat dari fluida yaitu sifat hidrodinamis. Ketebalan dari oli yg menumpu ini bisa sampai 0,1mm.

Tanda Atau Gejala Metal Duduk / Jalan Aus Pada Mesin Mobil

Ciri Dan Penyebab kerusakan Metal Duduk & Metal Jalan


Berikut ini Ciri Dan Penyebab kerusakan Metal Duduk & Metal Jalan baik untuk anda ketahui jika berniat membeli mobil bekas. disamping hal lain yang mesti di cek ketika berniat membeli mobil bekas. carilah panduan membeli Mobil bekas atau tanyakan pada ahlinya. kembali ke topik kita.

Ciri Metal Rusak
  • Terdengar bunyi benturan dok..dok.. / glok...glok... / duk...duk... di dalam blok mesin.
  • Jika Dari fisiknya baret atau terlihat lapisan aus yang akan membuat menjadi berwarna kuning. atau aus.

Penyebab Kerusakan Metal Jalan Dan Metal Duduk
  • Pompa oli yang rusak.
  • kualitas oli buruk.
  • Kondisi Oli Kotor.
  • Saringan Oli Kotor akibat lama tidak di ganti.
  • Terakhir tentunya adalah umur pakai.

Nah untuk menjaga keawetan Metal Duduk / Jalan pada mesin mobil maka perlunya beberapa point yang harus diperhatikan, misal penggantian filter oli secara berkala jangan hanya mengganti oli saja. dan itu bisa dilakukan di Panduan Service Berkala Kendaraan.

sekian tentang Tanda Atau Gejala Metal Duduk / Jalan Aus Pada Mesin Mobil dan semoga bermanfaat untuk anda.

Tanda Atau Gejala Metal Duduk / Jalan Aus Pada Mesin Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia