Penyebab Asap Knalpot Motor Hitam

MOBIL MOGOK - Asap Knalpot pada Sepeda motor itu bisa menjadi indikator keadaan atau kondisi dari mesin sepeda motor tersebut. beberapa gejala kerusakan bisa kita lihat pada warna asap knalpot. sebetulnya ini juga berlaku sama pada mesin Mobil. namun karena mesin mobil ada yang menggunakan mesin diesel, maka kali ini khusus untuk mesin sepeda motor yang mesin bensin ( Gasoline Engine ). Asap Hitam yang keluar dari knalpot sepeda motor itu mengindikasikan ada yang tidak beres di area ruang bakar.

Asap Knalpot yang berwarna hitam baik itu agak hitam dan hitam pekat itu menandakan bahan bakar yang tidak terbakar sempurna. penyebabnya macam-macam namun yang pasti akan membuat mesin motor menjadi boros BBM. nah sebetulnya apa saja yang bisa menyebabkan Asap Hitam Pada Knalpot.

Penyebab Asap Knalpot Hitam


Penyebab Asap Knalpot Motor Hitam

  • Setingan Karburator Kurang Baik
Setingan karburator itu bisa akibat spuyer / main jet dan pilot jet yang kegedean akibat modifikasi atau di colok ketika membersihkan karburator. atau bisa juga karena karburator kotor yang mengakibatkan penyumbatan pada lubang2 karburator yang membuat karburator tidak normal. dan bisa juga karena karburator memang rusak.

  • Klep / katup Bocor
Asap hitam pada knalpot juga bisa diakibatkan karena klep bocor yang mengakibatkan tidak sempurnanya proses kompresi. klep harus di skir / skur ulang klep .

  • Pengapian Lemah
Pengapian Mesin yang kurang baik atau lemah juga bisa mengakibatkan asap knalpot hitam. ini pasti karena bunga api busi tidak bisa memberikan api yang besar untuk proses pembakaran yang sempurna. bisa akibat Cdi Lemah atau Coil Lemah.

Itu tadi beberapa hal yang bisa menjadi Penyebab Asap Knalpot Motor Hitam dan segera perbaiki agar konsumsi bahan bakar harian anda tidak boros. sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Penyebab Asap Knalpot Motor Hitam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia