Tips Membuat Motor Matic Irit BBM

MOBIL MOGOK - Motor Matic / Skutik memang banyak yang bilang Boros BBM dan ada juga yang bilang irit. mungkin untuk motor keluaran baru yang sudah injeksi pastinya jauh lebih irit jika dibandingkan dengan matic yang belum injeksi atau karburator. namun jika bicara mengenai irit dan boros motor matic itu bisa jadi kembali pada perlakuan si pengendara dan perawatannya. dua point itu menurut saya penting mengingat kerja mesin motor matic itu kan beda dengan yang manual. 

Motor Matic mesinnya selalu bekerja di RPM yang lebih tinggi dibanding motor manual dan pastinya itu akan membuat perbedaan. nah bagaimana sih cara agar motor matic tidak boros BBM, hal berikut ini bisa membuat motor matic tidak boros bbm.

Tips Membuat Motor Matic Irit BBM


  • Pemeriksaan Rutin Sistem Pengapian
Ini pengalaman saya ketika masih menggunakan Honda Beat. hal yang harus diperhatikan adalah pemeriksaan rutin sistem pengapian terutama Busi. di dalam User manual busi itu ada masa pakainya dan harus diganti jika mencapai jarak yang ditentukan. memang sih kadang busi belum mati ketika jarak sudah mencapai masa penggantian tapi jika tidak diganti maka konsumsi BBM akan naik dan juga kadang mesin nembak ketika turun gas.
  • Saringan Udara / Filter Udara
Nah ini juga penting, kebanyakan orang jarang melakukan tune up atau perawatan berkala yang akhirnya saringan udara tidak pernah di cek. sekedar mengingatkan, saringan udara / filter udara yang dipakai banyak motor matic itu tipe kertas basah ( dibasahi oli ). jika kita membaca user manual buku petunjuk perawatan akan kita temukan masa periodik penggantian saringan udara. jika saringan kotor dibiarkan jelas itu akan membuat motor boros bbm. dan tipe saringan ini tidak bisa dibersihkan dan harus diganti agar selalu irit bbm. 
  • Oli Mesin Sesuai Rekomendasi
Oli juga menjadi sangat penting, saya tidak akan bicara merk oli tapi yang dibicarakan disini adalah spesifikasi kekentalan ( SAE ) merk terserah anda tapi harus dengan spesifikasi yang direkomendasikan.
  • Memutar Gas Secara Wajar
mengendarai motor matic memang mudah, anda tinggal gas dan jalan. namun karena mudah ini kebanyakan pengendara pelintir gas secara serentak dan langsung poool, haduh emang sih enak tapi itu juga menjadi salah satu penyebab Boros BBM.

Nah itu tadi tentang Tips Membuat Motor Matic Irit BBM dan ada satu lagi yang terakhir yaitu BBM yang dipakai, gunakan BBM sesuai rekomendasi pabrik, selain jadi irit juga mesin jadi awet.

Tips Membuat Motor Matic Irit BBM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia