Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum

Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum

MOBIL MOGOK Karburator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar ( pengabut bahan bakar ) untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886 (Wikipedia). seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, kini banyak yang tidak lagi menggunakan karburator untuk pengabut bahan bakar pada mesin. namun digantikan dengan teknologi injeksi ( EFI ). namun karburator hingga kini masih banyak digunakan. terutama pada sepeda motor. selain murah jika dibanding dengan teknologi EFI, juga lebih mudah untuk perawatan dan perbaikan.

Sepeda motor di Indonesia belakangan sebelum ramai menggunakan teknologi injeksi banyak menggunakan Karburator Vacum / Vakum (Constant Velocity atau Constan Vacuum). sebetulnya cara kerjanya sama seperti halnya karburator konvensional. namun yang membedakan adalah pada karburtor konvensional skep ditarik langsung oleh kabel gas, sedangkan untuk karburator vakum, throttle piston / skep terangkat karena ada tekanan negatif (Vakum) pada ruang vakum.

Cara Kerja Karburator Vakum / Vacum


Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum

Jadi cara kerja pada karburator vacum adalah sama seperti pada karburator konvensional yang membedakan adalah kabel gas tidak langsung menarik throttle piston / skep melainkan menarik throttle valve, dan  throttle piston / skep akan naik dan turun terangkat karena ada tekanan negatif (Vakum) pada ruang  vacum yang posisinya ada diatas karburator. semakin terbuka throttle valve maka semakin besar udara masuk dan semakin besar tekanan negatif pada ruang vacum akan membuat throttle piston / skep semakin terangkat dan lubang Venturi semakin terbuka.

Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum
throttle valve

Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum
throttle piston / skep

Dari situ kita bisa menyimpulkan tidak ada perbedaan pada cara kerjanya, hanya mekanisme saja yang sedikit berbeda. semoga Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum yang saya tulis ini bermanfaat untuk anda.

Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia