Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin

Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin

MOBIL MOGOK - Salah satu kegiatan yang dilakukan disaat membongkar atau perbaikan mesin adalah sekir / sekur klep atau katup. sekur klep dilakukan untuk meratakan payung klep dengan sitting klep agar tidak terjadi kebocoran kompresi. kompresi bocor selain bisa diakibatkan karena boring aus, piston atau ring piston aus atau gasket Cylinderhead bocor,  bisa juga diakibatkan karena kebocoran klep. dan klep bocor akan membuat mesin pincang jika pada mobil yang mesinnya lebih dari satu silinder. nah untuk sekur atau sekir klep maka selain membongkar cylinderhead anda juga harus membongkar klep, per klep dan melepas klep dari sittingnya.

Yang agak sulit disini adalah membuka kunci penahan pegas katup ( klip pengunci ). bagi para mekanik ini bukan hal yang sulit. disamping karena mempunyai alat khusus ataupun jika tidak para mekanik sudah terbiasa membukanya. lain hal jika yang tidak terbiasa atau yang sedang belajar memperbaiki mesin itu pasti akan sedikit menyulitkan. nah kali ini saya akan bagikan tips bagaimana cara membuka kunci penahan pegas katup ( klip pengunci ) klep motor dan mobil. sebelum itu saya akan jelaskan disini bahwa pegas klep atau katup ditahan oleh plat penahan dan pelat penahan ini di kunci oleh kunci penahan pegas katup ( klip pengunci ) yang menguncinya ke batang klep atau katup.

Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin

Cara Melepas Klep / Katup Mesin

1. Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin Menggunakan Alat Khusus

Sangat mudah untuk melepas kunci penahan pegas katup ( klip pengunci ) jika anda mempunyai alat pembukanya. anda tinggal pasang tekan dan lepas klip pengunci pegas dengan mudah. alat khusus ini beragam bentuknya diantaranya seperti gambar berikut.

Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin

2. Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin Menggunakan Alat Yang Sederhana

Jika anda tidak memiliki alat tersebut, maka ada cara yang menurut saya justru lebih mudah dan cepat, bagaimana caranya, caranya menggunakan pipa atau kunci busi dan palu. langkah yang dilakukan berikut ini. penampakannya seperti gambar pertama di atas.
  • Siapkan kunci busi atau pipa atau kunci T yang diameternya lebih besar dari diameter klip pengunci yang terpasang di batang katup.
  • Siapkan palu yang sedang saja.
  • Simpan Cylinderhead diatas balok kayu atau papan kayu.
  • Masukan kain atau kertas pada satu ujung kunci busi atau pipa supaya rapat di satu bagian.
  • Tempelkan kunci busi atau pipa di atas plat penahan per klep / katup, bagian yang menempel adaalah yang bolong. dan tahan.
  • pukul pipa atau kunci busi pakai palu agak keras supaya per tertekan kebawah dan  kunci penahan pegas katup ( klip pengunci ) akan lepas dengan sendirinya.
Selanjutnya anda tinggal melepas per dan mencopot klep. dan mudah bukan caranya. nah untuk cara memasang penahan pegas katup ( klip pengunci ) bisa anda baca di Cara Memasang klep. semoga Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin ini bisa bermanfaat.

Cara Membuka / Melepas Klep Atau Katup Mesin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia