Cara Memotong Rantai Sepeda Motor

Cara Memotong Rantai Sepeda Motor 

MOBIL MOGOK - Rantai sepeda motor yang bertambah panjang atau yang terlalu panjang itu memang perlu dilakukan pemotongan mata rantai. yang bisa menyebabkan rantai bertambah panjang atau melar itu banyak penyebab, dari mulai gir aus sampe rantai yang sudah aus atau melar. makanya harus dilakukan penyetelan. dan faktor perawatan rantai yang jarang dilakukan juga bisa menyebabkan rantai cepat melar. namun jika setelan habis, maka itu seharusnya dilakukan penggantian, tapi bisa juga dilakukan pemotongan mata rantai untuk memperpendek panjang rantai. Melakukan pemotongan rantai tidak hanya dilakukan pada rantai yang melar, kadang kita juga perlu memotong rantai baru jika rantai baru yang di beli itu kepanjangan.

Cara memotong rantai itu banyak macam caranya, dari mulai menggunakan palu dan paku, di pres hingga dengan menggunakan alat khusus untuk memotong rantai. dari semua cara tadi, jelas menggunakan alat pemotong rantai itu yang paling aman. namun menggunakan alat yang tersedia seperti palu dan paku juga asal caranya benar tidak akan bermasalah. jika melakukan tidak benar bisa membuat mata rantai seret / macet. ketika anda melakukan pemotongan dengan palu dan paku, ingat untuk menahan bagian bawah dengan bantalan yang berlubang. dan jangan memukul langsung pin mata rantai dengan palu, melainkan menggunakan paku atau baut kecil untuk media pendorong pin.

Cara Memotong Rantai Sepeda Motor

Alat Khusus Pemotong Rantai Motor


Jika anda ingin cara yang tidak ribet, maka gunakan lah alat khusus pemotong rantai. dengan menggunakan alat ini, maka anda tidak akan bersusah payah ketika melakukan pemotongan rantai. apakah anda belum tahu penampakan alatnya, alat pemotong rantai ini bermacam-macam. seperti salah satunya berikut ini.

Cara Memotong Rantai Sepeda Motor
alat potong rantai

Itu penampakan alat potong rantai rantai. dengan alat itu memotong rantai jadi mudah. dan satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah ketika menyambungkan kembali rantai, hati-hati ketika memasang pengunci sambungan jangan terbalik jika terbalik bisa bahaya, nanti rantai bisa lepas. lihat pada gambar di judul artikel untuk pemasangan yang benar, dan lakukan penyetelan rantai jangan terlalu kencang. dan semoga Cara Memotong Rantai Sepeda Motor yang saya tulis ini bermanfaat untuk anda.

Cara Memotong Rantai Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia