Cara Memperbaiki Air Radiator Muncrat

Cara Memperbaiki Air Radiator Muncrat

MOBIL MOGOK - Radiator alat pendingin mesin yang peranannya sangat vitral pada mesin yang bersistem pendingin Air. Mesin panas atau overheat salah satu penyebabnya bisa diakibatkan dari kerusakan pada radiator, meski Penyebab mesin panas atau overheat belum tentu  diakibatkan oleh radiator, namun kebanyakan diakibatkan oleh raditor bermasalah. beberapa masalah yang timbul pada radiator adalah kotor atau tersumbat, radiator bocor dan air radiator muncrat. nah bagaimana cara memperbaiki radiator bermasalah, berikut cara memperbaiki Radiator sesuai gejalanya.

Cara Memperbaiki Gejala Radiator Rusak

  • Air Radiator Muncrat
Air radiator muncrat ketika mesin di hidupkan, ketika menhidupkan mesin dan radiator tidak diditutup, ditemukan kasus air raditor muncrat. ini adalah penyebab dari paking atau Gasket Cylinder Head / Cylinder head gasket rusak atau terbakar. jika dibiarkan dan mesin dipaksakan bisa menyebabkan selang radiator atau bahkan radiator pecah. untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Ciri Cylinder Head Gasket Rusak.  cara memperbaiki kondisi seperti ini adalah dengan membuka Cylinderhead / deksel dan mengganti gasketnya juga memastikan Cylinderhead tidak melenting.

Cara Memperbaiki Air Radiator Muncrat
  • Air Radiator Kotor
Air radiator yang kotor akan menyebabkan kerak dan menggangu proses pendinginan mesin, makanya ketika air radiator kotor, segera kuras radiator. anda bisa bawa ke tukang kuras raditor jika dirasa parah atau mencoba Cara Kuras Raditor Sendiri jika dirasa hanya air saja yang kotor dan tidak terjadi penyumbatan di elemen pendingin.
  • Air Radiator Selalu Berkurang
Air raditor selalu berkurang adalah gejala adanya yang tidak beres, bisa ada kebocoran, bisa karena seperti gejala pada point nomor 1. air raditor muncrat. jika tidak ada kebocorn ketika mesin dingin, cek dalam kondisi mesin panas, karena itu bisa berbeda ketika panas di dalam saluran pendingin terdapat tekanan. nah jika air raditor selalu kurang dan di kempis cadangan malah penuh, ini berarti kasusnya sama seperti raditor muncrat hanya belum parah, jadi ketika mesin panas terdapat tekanan yang mendorong air keluar melalui kempis cadangan. bisa jadi ini akibat Gasket Cylinder Head / Cylinder head gasket rusak atau terbakar.
  • Air Radiator Tidak Bersirkulasi
Nah ini ada beberapa penyebab, perlu di ketahui di dalam saluran pendingin terdapat Thermostat. thermostat ini yang berfungsi menjaga suhu mesin selalu dalam suhu tertentu. jadi pada saat mesin dingin dia menutup dan saat panas dia membuka. bisa jadi pada saat dingin air kurang bersirkulasi karena kerja thermostat ini. namun ketika anda menemukan mesin panas atau overheat, selain itu, bisa juga karena Water Pump tidak bekerja atau baling-balingnya rusak atau aus karena korosi. sebaiknya cek Thermostat dan Water pump juga setelah menguras radiator untuk memastikan radiator tidak tersumbat, Thermostat tidak macet dan Water Pump bekerja dengan baik.

Nah itu tadi beberapa gejala yang biasa terjadi pada Radiator dan memang bisa menyebabkan mesin panas atau overheat dan anda juga bisa membaca Tips membuat Mesin Dingin. dan sekian tentang Cara Memperbaiki Air Radiator Muncrat semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki Air Radiator Muncrat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia