Cara Menghilangkan Bau Helm Yang Aman

Cara Menghilangkan Bau Helm Yang Aman

MOBIL MOGOK - Helm adalah salah satu pelindung kepala yang wajib anda pakai ketika berkendara menggunakan sepeda motor, dan jika tak pakai helm anda akan ditilang pak polisi, hehehehe.... nah dari situ saja sudah pasti helm selalu anda pakai setiap hari dalam aktifitas anda. nah masalah yang kerap muncul seputaran helm adalah bau tidak sedap atau bau apek yang muncul dari dalam helm. Bau apek atau tengik pada helm muncul dari keringat yang berubah menjadi lemak dan teroksidasi menjadi bau. nah bagaimana cara menghilangkan bau tersebut, banyak orang memilih menggunakan pewangi helm. namun hati2 memilih pewangi helm jangan sampai kulit kepala anda iritasi.

menurut salah satu sumber otomotif.kompas.com, pewangi helm yang diformulasi dari biang parfum dan alkohol (C2H5 OH) yang mudah menguap. Saat helm dipakai, penguapan terjadi di sekeliling kepala. “Nah, di sinilah alkohol bercampur oksigen yang membentuk asam acetat. Makin parah ditambah keringat bisa menyebabkan iritasi. nah ada baiknya sebelum disemprot pewangi, mencuci helm terlebih dahulu pakai detergen atau dry cleaning. atau bisa juga disemprot pakai cairan busa pembersih helm berisi detergen, senyawa, dan onionik.

Tips Supaya Helm Tidak Bau apek


Selain cara diatas, ada juga tips untuk menghindari helm bau apek dan kaca helm berjamur. mau tahu bagaimana, simak berikut ini.

  • Buka kaca helm model helm full face ketika tidak digunakan. jika dibiarkan tertutup, udara di dalam helm akan pengap dan bau bekas keringat bakal terus berada dalam helm dan akan menyebabkan bau apek di kemudian hari.
  • Biasakan untuk menjemur helm setelah digunakan. tapi jemur disini tidak langsung dibawah sinar matahari, melainkan jemur di tempat berangin yang terkena hawa panas matahari.
  • Ketika tidak digunakan, simpan helm dengan baik dan buka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan menguap.
  • Pakailah parfum atau kapur barus ketika helm tidak digunakan. Apabila ingin menggunakan minyak wangi, pilih yang memiliki kadar alkohol rendah.
  • Poles bagian luar helm dengan pasta atau wax pengkilap untuk menjaga ketahanan warna helm, dan menghindari debu menempel.
  • Setelah dipoles dan diharumkan, simpan helm di tempat yang bebas debu, kering, tidak lembab dan tidak mudah terkena sinar matahari langsung.
Cara apa yang anda gunakan, apakah anda menggunakan cara yang lain. berbagilah pengalaman anda tentang Cara Menghilangkan Bau Helm Yang Aman dikolom komentar. dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Menghilangkan Bau Helm Yang Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia