Manfaat dan Kegunaan Upgrade ECU

Manfaat dan Kegunaan Upgrade ECU

MOBIL MOGOK - Demam modifikasi dan Upgrade tenaga mesin memang masih ramai di kalangan pecinta otomotif baik itu para rider sepeda motor maupun pengemudi mobil. dan kini di dunia otomotif teknologinya semakin canggih. teknologi EFI atau injeksi telah dipakai di mobil maupun sepeda motor. untuk mengupgrade atau menaikaan tenaga mesin pada motor atau mobil injeksi atau EFI tentunya berbeda dengan mesin konvensional yang masih menggunakan karburator.

Salah satu langkah yang dilakukan untuk mengupgrade performa mesin atau menaikan tenaga dan akselerasi mesin pada motor atau mobil injeksi adalah dengan Upgrade ECU. sebetulnya apa keuntungan Upgrade ECU ini. nah sebelum kita bahas mengenai kegunaan mengupgrade ECU. kita bahas dulu apa itu gunanya ECU di dalam sistem EFI atau injeksi mesin.

Kegunaan atau Fungsi ECU

Manfaat dan Kegunaan Upgrade ECU

ECU ( Electrical Control Unit ) berfungsi sebagai pusat pengolah data kontrol yang mendapat masukan data dari sensor2 yang ada di mesin untuk mengontrol waktu penyemprotan bahan bakar, jumlah bahan bakar yang dikeluarkan, dan waktu pengapian. perangkat kontrol ini jika terjadi eror bisa di reset. ada cara untuk mereset ECU.

Nah dari situ saja kita sudah mendapat gambaran apa kegunaan atau keuntungan Upgrade ECU. pastinya untuk menaikan bahan bakar masuk, merubah timing penyemprotan dan pengapian dan lainnya. dan salah satu alat untuk melakukan Upgrade ECU selain dari mengganti ECU adalah dengan memasang Piggyback. apa itu PiggybackPiggyback adalah alat yang mendukung kerja electronic control unit (ECU) yang berfungsi sebagai pusat kontrol mulai dari pengapian, sekaligus mengatur semprotan injeksi bahan bakar. secara Sederhananya alat ini adalah sebuah alat yang bisa memanipulasi data dari sensor-sensor elektronik yang terhubung dengan computer ECU pada sepeda motor ataupun mobil injection. dan jenisnya pun beragam di pasaran.


Jenis Piggyback di Pasaran

  1. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan /mapping, timing pengapian / ignition control dan sekaligus injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), Haltech Interceptor, seperti Dastek Unichip, dll.
  2. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan /mapping, injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), Power Commander, seperti Juice Box, Apexi NEO Fuel Controller, dll. model ini disebut juga dengan Programmable Fuel Controller.
  3. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan / mapping, timing pengapian / ignition control, seperti MSD Ignition Timing Control, dll. model ini disebut juga dengan Programmable Ignition Timing Controller.
Nah sudah kebayangkan apa manfaat mengupgrade ECU, pastinya pada prinsipnya sama seperti mesin biasa yang berkarburator ketika menyeting ulang karburator, merubah kurva pengapian dan dll. hanya pada mesin injeksi itu semua dikerjakan oleh ECU. ECU ini sebagai pusat pengolah data kontrol yang mendapat masukan data dari sensor2 yang ada di mesin untuk mengontrol waktu penyemprotan bahan bakar, jumlah bahan bakar yang dikeluarkan, dan saat pengapian. sekian tentang Manfaat dan Kegunaan Upgrade ECU dan semoga bermanfaat.

Manfaat dan Kegunaan Upgrade ECU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia