Pengaruh Tegangan Aki / Accu Pada Pengapian

Pengaruh Tegangan Aki / Accu Pada Pengapian

MOBIL MOGOK - Accu / Aki / Baterai adalah sumber tegangan listrik bagi sistem kelistrikan Sepeda Motor dan Mobil, Accu atau baterai juga merupakan sumber listrik untuk sistem kelistrikan pengapian pada sepeda motor dan mobil, Sistem pengapian terutama pengapian sistem DC, sangat membutuhkan baterai (aki) sebagai sumber api. jadi aki / accu yang tegangan setrumnya lemah akan sangat mempengaruhi besar kecilnya percikan bunga api yang dihasilkan oleh busi. bisa jadi tenaga mesin yang ngedrop, salah satunya karena baterai dalam kondisi yang tidak bagus atau setrum lemah.

Pada Mobil dengan sistem Injeksi ( EFI ) batre yang lemah atau tidak baik akan sangat terasa pada tenaga mesin. ini disebabkan karena pada sistem EFI semua komponen sensor dan ECU bersumber tenaga dari baterai. begitupun dengan sistem kelistrikannya. begitupun pada sepeda motor yang terutama yang memakai sistem pengapian DC. untuk membuktikan seberapa ngaruh batrei pada pengapian sistem DC, coba anda cabut sekring atau kabel positif dari aki saat mesin hidup, pasti mesin akan berubah meski memang tetap hidup. ini bukti jika accu sangat berpengaruh pada sistem kelistrikan pengapian mesin.

Pengaruh Tegangan Aki / Accu Pada Pengapian

Nah bagaimana agar pengapian mejadi lebih besar, salah satunya saya pernah membaca artikel ya dengan memperbesar daya baterai ini, Memperbesar daya batrei termasuk salah satu langkah untuk memperbesar pengapian. disamping teknik lain seperti mengaplikasikan koil racing, ada juga yang mengaplikasikan teknik ground strap pada koil standar, ada juga yang mengganti CDI standar dengan memakai CDI racing dan masih banyak lainnya. 

Maka dari itu, Merawat baterai itu menjadi salah satu keharusan untuk selalu menjaga performa mesin kendaraan mobil atau motor anda dan semoga melalui artikel Pengaruh Tegangan Aki / Accu Pada Pengapian ini anda jadi semakin memahami pentingnya batrei selalu dalam kondisi baik.

Pengaruh Tegangan Aki / Accu Pada Pengapian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia