Cara Membersihkan Kerak Mesin

Cara Membersihkan Kerak Mesin

MOBIL MOGOK - Kerak pada mesin salah satu yang pasti bakalan timbul, baik itu yang berada diluar atau kerak yang terdapat di ruang bakar. kerak yang diluar berasal dari kotoran debu dan tanah yang menempel dan kerak di ruang bakar adalah sisa pembakaran. nah untuk kerak mesin yang diluar mungkin hanya berefek pada penampilan motor atau kendaraan menjadi kesannya tidak rapi dan jika kerak pada ruang bakar pastinya akan mengganggu kinerja mesin. nah bagaimana cara membersihkan kerak mesin tersebut bisa anda baca berikut ini.

Cara Membersihkan Kerak Boring dan Ruang Bakar Mesin 


Membersihkan kerak mesin menjadi sangat penting agar kendaraan kesayangan anda terlihat bersih dan rapi serta selalu terjaga performas mesinnya. untuk cara membersihkan kerak tersebut ini caranya.

Cara Membersihkan Kerak Mesin

  • Cara Membersihkan Kerak Blok Mesin
Kerak pada boring adalah salah satu yang membandel dan tidak akan hilang dengan hanya menggunakan bensin. padahal noda kerak pada boring lumayan mengganggu pada tampilan motor. cara ampuh untuk membersihkan kerak pada sirip pendingin boring ini adalah dengan menggunakan pembersih porslen saya beri contoh Vixal. cara aplikasinya cukup crot gosok bilas seperti kata di iklan produknya. cukup oleskan pakai kuas halus kecil biarkan sebentar gosok pakai sikat gigi dan bilas yang bersih. tapi awas jangan aplikasikan pada bagian yang di cat karena akan merusak lapisan cat.
  • Cara Membersihkan Kerak Ruang Bakar Mesin
Ada beberapa cara yang dilakukan para pemilik sepeda motor satu yang banyak dilakukan adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih melalui intake manipold saat mesin hidup. cairan yang digunakan salah satunya Carburator Cleaner. dan berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Cara Pertama buka dahulu saluran dari filter udara ke karburator. aktifkan mesin motor dengan starter elektrik atau engkol kemudian tarik tuas gas hingga angka putaran mesin (RPM) tinggi. Pada saat yang bersamaan, semprotkan cairan pembersih atau Cleaner ke lubang karburator atau intake manipold upayakan mesin motor tidak mati. terus ulangi penyemprotan beberapa kali, dan terakhir semprotkan hingga mesin motor mati dan kemudian biarkan janagan hidupkan selama 10-20 menit, hidupkan kembali mesin dan tarik tuas gas hingga RPM sedang. Lihatlah apakah knalpot menyemburkan asap putih pekat? Bila iya, tarik terus tuas gas berkali-kali sampai hilang.

  • Cara Kedua panasi mesin motor hingga hangat. Kemudian, lepas busi dan semprotkan cairan ke lubang mesin melalui lubang busi. Setelah itu tunggu 10-20 menit. aktifkan atau starter kembali mesin motor dan tutup lubang busi dengan kain bersih dan sebisa mungkin pegangi kain tersebut agar tidak lepas. Kemudian, lihatlah adakah butiran-butiran kerak yang menempel di mesin? Atau adakah cairan? Setelah itu, pasang kembali busi dan aktifkan mesin. Tariklah tuas gas kuat-kuat hingga beberapa kali. Perhatikan apakah ada asap putih mengepul dari knalpot? Bila iya, berarti kerak telah luruh atau mencair dan kembali ikut terbakar. (http://www.tempo.co/read/news/2011/06/13/171340264/Cara-Mudah-Membersihkan-Kerak-di-Mesin-Motor)
Sekian tentang Cara Membersihkan Kerak Mesin dan semoga bermanfaat serta terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Membersihkan Kerak Mesin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia