Cara Seting Karburator PE 28 Untuk 4 tak

Cara Seting Karburator PE 28 Untuk 4 tak


MOBIL MOGOK - Karburator PE 28 memang diperuntukan untuk sepeda motor 2 tak, ksrburator jenis ini kita ketahui dipakai pada motor Kawasaki Ninja dan Honda NSR. namun seiring dengan demam modifikasi kenyataannya karburator ini banyak digunakan di Motor 4 tak seperti untuk satria FU, Honda tiger, Yamaha Scorpio dan lainnya. banyak juga dipakai paada sepeda motor spek balap dan di ajang balapan motor. dan jenis yang banyak dipakai untuk harian kebanyakan konsumen membeli karburator KW. sebagaimana diketahui Harga Karbu PE 28 Original cukup mahal. bagaimana untuk mensiasati karburator PE 28 yang KW agar mudah di seting dan cocok untuk mesin 4 tak harian dan agar Piston Skep tidak mudah baret. sebagaimana diketahui jika karbu PE 28 KW pistonnya mudah baret.

Cara Seting dan Mencegah Piston Skep PE 28 Baret


Nah untuk Karburator PE 28 produk yang KW 2 dan seterusnya memang menjadi banyak pilihan para rider karena harganya murah. namun jika tidak disiasati akan susah di seting dan piston skep mudah baret. jika kebetulan anda punya karbu jenis ini yang piston skepnya sudah baret, bisa anda perbaiki ini lihat di Cara Memeperbaiki Piston Skep PE 28 Baret. jika masih baru, biar awet dan mudah di seting, coba tips berikut ini.

Cara Seting Karburator PE 28 Untuk 4 tak
  • Poles Silinder skep / rumah skep yang pada karbu KW biasanya tidak rata alias tidak mulus. bisa anda gosok cairan pengkilap bodi motor atau pasta autusol atau menggunakan compound.
  • Ujung baut yang menekan sampai mengangkat skep untuk mempertinggi rpm mesin dan sebaliknya, pada karburator KW itu tumpul. efeknya saat dipuntir, kurva perubahan tingginya rpm terlalu drastis. Sehingga terkesan macam kabel gas nyantol. Untuk membenahinya, silahkan kikir atau gerinda sekeliling ujung baut setelan gas lebih landai / Runcing. Agar saat dipuntir, kurva peningkatan rpm naiknya lebih lembut macam karbu orsi bawaan motor.
  • Ganti jarum skep Bawaan Karburator PE 28 dengan milik GL-Pro. Tak perlu versi orsinya, cukup pasang jarum skep milik GL-Pro jenis kw. kenapa harus diganti, karena jenis karbu PE 28 kw sebenarnya diperuntukkan buat motor 2 tak, tapi prakteknya jenis karbu ini malah disuka di motor 4 tak baik bebek maupun sport. desain jarum skep karbu jenis ini terlalu kurus, sehingga campuran terlalu pekat dan berat saat dipakai akselerasi. Selain itu, putaran mesin tak mau stasioner kalaupun nyala stasioner, mintanya selalu berada di atas 2000 rpm. Jadi kesannya mirip stasioner ketinggian. Maka untuk mensiasatinya ganti jarum skep pake milik GL_Pro. Dimensinya, untuk tingginya sama dengan jarum skep NSR, tapi konturnya lebih gemuk sehingga campuran gas segar bisa dikondisikan lebih ideal.
Nah bagaimana mudah bukan, apakah berniat untuk mencobanya. semoga Cara Seting Karburator PE 28 Untuk 4 tak bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Seting Karburator PE 28 Untuk 4 tak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia