Teknologi ACG Starter Honda Vario 125 FI

Teknologi ACG Starter Honda Vario 125 FI

MOBIL MOGOK - Honda Vario 125 FI salah satu sepeda motor matic honda yang banyak disukai konsumen. salah satu yang banyak bikin orang penasaran adalah teknologi ACG starter yang gak bunyi atau suaranya tak terdengan / halus. nah kenapa starter honda vario 125 FI ini gak bunyi atau suaranya halus, itulah teknologi honda. kali ini saya akan coba bedah tentang bagaimana teknologi starter ini bekerja. sehingga yang penasaran dimana letak starter honda vario 125 berada menjadi tidak penasaran lagi.

Cara Kerja ACG Starter Honda Vario 125 FI


Pada ACG Starter tidak adalagi atau tidak terdapat dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya. Karena tidak ada lagi dinamo starter dan sistem mekanisme gigi starter maka tidak ada lagi  suara kasar akibat gesekan antar komponen, Suaranya lebih halus dan minim getaran. Cara kerja ACG starter yang terdapat pada honda vario 125 ini sebenarnya sama seperti prinsip kerja alternator pada umumnya. Cuma bedanya, pada awal menekan tombol starter, putaran magnet digunakan untuk menghidupkan mesin. secara simpelnya Sistem ACG starter membuat sistem pengisian batre atau alternator sekaligus berfungsi sebagai starter mesin. makanya tidak terdapat dino starter terpisah seperti pada starter konvensional.

Teknologi ACG Starter Honda Vario 125 FI

Alternator pada Vario Techno 125 ini memiliki 12 kutub magnet permanen yang terdapat di fly wheel. Juga memiliki 18 kumparan yang memiliki kutub magnet remanen atau magnet tidak tetap. 18 kumparan ini dibagi menjadi 3 hall yang berbeda. Ketika tombol starter ditekan, arus listik akan langsung mengalir menuju FET circuit di Electronic Contol Module (ECM) yang membagi arus listik yang masuk secara kombinasi ke 3 hall dalam kumparan tadi. maka tercipta medan magnet yang saling tolak dan menarik untuk membuat flywheel bergerak. Ketika flywheel berputar, otomatis memutar kruk as dan membuat piston naik-turun menghidupkan mesin. Setelah mesin hidup, aliran listik ke kumparan diputus. Fungsinya kembali menjadi alternator yang menghasilkan arus listik untuk disimpan ke aki. 

Secara singkat itulah kenapa tidak terdapat dinamo starter pada honda vario 125 fi dan kenapa starter honda vario 125 tidak berbunyi atau halus. karena honda vario 125 menggunakan sistem ACG Starter yang membuat magnet sistem pengisian sekaligus berfungsi sebagai starter. sekian Teknologi ACG Starter Honda Vario 125 FI semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. Sumber : otomotifnet

Teknologi ACG Starter Honda Vario 125 FI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia