Cara Mengecek / Ciri Komponen Pengapian Mati

Cara Mengecek / Ciri Komponen Pengapian Mati

MOBIL MOGOKCara Mengecek / Ciri Komponen Pengapian Mati - Sistem pengapian adalah salah satu syarat untuk terjadinya pembakaran pada mesin bensin. dan pengapian yang bagus akan memberikan efek bensin irit serta tenaga yang maksimal. nah bagaimana cara mengecek atau ciri komponen pengapian yang mati, diantaranya sebagai berikut.

Cara Mengecek / Ciri Komponen Pengapian Mati


Sebetulnya untuk mengecek komponen pengapian ada alat khususnya, seperti multitester, spark plug tester atau ignition tester. namun tidak semua bengkel memilikinya dan apalagi bagi yang hobi utak-atik sendiri di rumah. namun bisa dilihat dari fisiknya.
  • BUSI
Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. jika mati diperjalanan, bisa anda baca Cara Memperbaiki Busi.
  • PULSER
Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.
  • SPUL PENGAPIAN
Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.
  • KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. untuk koil ciri jika koil sudah usang atau rusak adalah api hilang jika mesin sudah panas dan normal jika mesin sudah dingin. selengkapnya di tanda koil mati.
  • CDI
Cara Mengecek / Ciri Komponen Pengapian Mati

Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”. baca juga Cara Merawat CDI agar awet.

Semoga informasi Cara Mengecek / Ciri Komponen Pengapian Mati membantu anda. serta terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Mengecek / Ciri Komponen Pengapian Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia