Cara Setel Klep / Celah Katup Satria FU

Cara Setel Klep / Celah Katup Satria FU


MOBIL MOGOK - Satria FU menganut mesin sistem DOHC (double overhead camshaft) dengan 4 katup di kepala silindernya yang dioperasikan langsung oleh noken as. Tentunya tak seperti mesin konvensional biasa di dalamnya. Dengan teknologi ini masing-masing kem atau Noken as hanya fokus pada dua buah klep, baik untuk in maupun katup ex. Untuk menyetel kerenggangan katup, pada satria f tidak terdapat Baut penyetel kerenggangan katup, Tetapi menggunakan shim yang memiliki beberapa ketebalan. shim ini berada di antara noken as dan batang klep dan di tutup oleh tappet. nah bagaimana jika kerenggangan klep atau setelan kerenggangan katup ini perlu di setel kembali akibat kerenggangan atau terlalu rapat akibat sekir klep atau usia pakai, cara setel klepnya berikut ini. dan untuk ukuran celah katup sepeda motor lain lihat di Ukuran Celah katup Motor.

Cara Setel Klep / Celah Katup Satria FU

  • Buka tutup silinder head..
  • Top kan mesin / Posisikan piston di TMA (Titik Mati Atas). Intip dari blok tutup magnet.  hingga terlihat huruf T pada magnet.
  • Kalau udah, siapkan pengukur kerenggangan klep ( fuler / feeler gauge ) dan ukur jarak kerenggangannya dengan cara menyelipkannya diantara noken as dan batang katup.
Cara Setel Klep / Celah Katup Satria FU

  • Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in  0.20-0.30 untuk klep ex. pada saat mesin dingin.
  • jika tidak sesuai ukuran, terlalu rapat atau terlalu renggang, untuk menyetelnya kemudian buka noken as nya.
  • lalu lepas rumah untuk shim / tappet. Nah yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, menyerupai pil.
Cara Setel Klep / Celah Katup Satria FU
  • Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai.  Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.
  • Jika membutuhkan shim tipis dan anda tidak mendapatkanya di toko, bisa anda gunakan shim tebal dan amplas menggunakan amplas halus.
Semoga Cara Setel Klep / Celah Katup Satria FU bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Setel Klep / Celah Katup Satria FU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia