Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil

Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil

MOBIL MOGOK - Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil - Delco atau Distributor adalah rumah bagi plati atau CDI pada mesin mobil. berfungsi sebagai pembagi arus pengapian atau pengatur dari pengapian pada mesin bensin. dari fungsinya sebagi pembagi, tentunya ada aturan untuk pemasangan delco, karena jika salah maka mesin tidak akan hidup. nah bagaimana cara memasang delco, selengkapnya berikut ini.

Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil


Delco atau Distributor pada penginstalannya ada yang menggunakan gigi atau palang sebagi penyambungnya. untuk yang palang seperti pada mobil Mitsubishi T120 SS dan Daihatsu Espas, sementara gigi pada Toyota kijang. nah penampakannya berikut ini.

Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil

Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil

Maka dari itu ada dua cara mudah untuk memasang delco tergantung jenisnya. caranya berikut ini.

Cara Memasang Delco / Distributor


Type Palang :
  • Pada Tipe ini, biasanya tidak perlu anda mengetopkan, anda tinggal luruskan posisi palang pada delco dan dudukannya. masukan dan jangan dipaksa. jika tidak masuk sempurna maka posisi palang terbalik, tinggal cabut dan ubah posisi palang.
  • tidak akan salah masuk posisinya karena jika salah posisi palang tidak akan masuk.
Type Gigi :
Caranya : buka penutup platuk ( Rocker arm ) atau penutup kepala silinder, putar puli dan posisi top 1 ditandai dengan kedua rocker arm atau platuk IN + EX silinder 1 bebas tidak menekan batang klep. 
  • Langkah kedua posisikan tanda pada puli krukas ( poros engkol ) tepat pada angka 10. angka 10 menandakan derajat pengapian.
  • Masukan Distributor dan posisi rotor ketika distributor masuk sempurna adalah menghadap ke terminal distributor silinder 1 ( kabel busi silinder 1 ).
Catatan : untuk distributor yang sekaligus menjadi penggerak pompa oli seperti pada Toyota kijang, posisikan terlebih dahulu coakan pada as delko di ujung di bawah gigi as delco dengan coakan di lubang dudukan delko pada blok mesin. atau coakan di luruskan seperti pada gambar berikut ini. 

Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil
  • Setelah masuk, pasang baut pengunci tapi jangan dikencangkan karena harus di setel dan posisikan terlebi dahulu baut di tengah.
  • Setel kerenggangan platina jika menggunakan platina.
  • pasang kabel busi urutan pengapian lihat pada tutup distributor. terdapat tanda 1-3-4-2. jika hanya ada tanda 1 saja maka pastikan kemana arah putaran rotor. bisa starter mesin untuk mengetahui arah putaran. dan urutan pengapian untuk mesin 4 silinder adalah 1-3-4-2.
  • Untuk penyetelan delko atau distributor adalah menggunakan timing light. atau langsung dengan cara hidupkan mesin dan geser distributor ke kanan dan kiri, cari putaran mesin yang halus dan bertenaga dengan cara memainkan gas.
  • kencangkan baut stelan dan selesai.
Semoga Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil bermanfaat dan terimakasih atas knjungan anda.

Cara Memasang Distributor / Delco Mesin Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia