Bahan Logam Untuk Membandul Kruk As

Bahan Logam Untuk Membandul Kruk As

MOBIL MOGOK - Bahan Logam Untuk Membandul Kruk As - Dalam menambah bobot kruk as, atau yang banyak orang membandul ulang, banyak cara yang di lakukan oleh para mekanik ada yang membor dan menyumpalnya menggunakan logam yang lebih berat, ada juga yang menempelkan lempengan logam dengan cara membautnya. untuk menambah berat bandul kruk as, yang pasti yang harus kita tahu terlebih dahulu adalah berat masa jenis logam yang digunakan. Bahan yang umum digunakan untuk menambah bobot adalah timah hitam, timah putih, atau bahkan mallory metal atau kalau orang bilang tungsten.

Bahan Logam Untuk Membandul Kruk As


Timah hitam punya kepadatan 11.34g/cm3 sedangkan timah putih 6.99g/cm3,  timah putih sendiri lebih ringan sebenarnya ketimbang bahan kruk as yang di cetak secara casting, tapi yaa kita juga ngga tau kenapa masih banyak orang yang bandul pakai timah putih atau mungkin untuk mengurangi bobot. sedangkan Tungsten / mallory metal memiliki kepadatan 19.24g/cm3. namun karena tungsten agak susah bahannya dan juga harganya mahal, makanya orang di Indonesia pakai alternatif timah hitam untuk menambah bobot bandul.

Bahan Logam Untuk Membandul Kruk As
timah hitam

Bahan Logam Untuk Membandul Kruk As
timah putih
Dipilih pemberat dari timah, supaya ukurannya bisa dibuat kecil. Meski mungil namun sudah berat. kalau mau berfikir sederhana lagi, perhatikan pemberat untuk mancing. Terbuat dari bahan timah juga. Supaya pakan pancing bisa tenggelam ke dalam air. karena memang berat jenis timah hitam punya kepadatan 11.34g/cm3.

Untuk menentukan bagian mana yang perlu ditempel timah, harus diseting dengan mesin balancer. Biasanya berat timah hitam tersedia dari ukuran 5,10 atau 15 gram. Pada volume atau ukuran yang sama, bobot timah hitam beratnya bisa mencapai 1,5 kali dari besi. Artinya, kalau besi 1 kg, timahnya 1,5 kg. Jadinya lebih berat 0,5 kg atau setengah kilogram lebih.

Jadi, jika pada bagian bandul dari kruk as perlu dibuat berat, tinggal disumpal timah hitam. Caranya kruk as dilubangi, kemudian dimasuki timbel dengan cara dipres. Apalagi timah hitam punya sifat lebih lunak. Sehingga mudah dipres atau dipukul.

Bahan Logam Untuk Membandul Kruk As Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia