Ukuran Diameter Magnet Sepeda Motor

Ukuran Diameter Magnet Sepeda Motor

MOBIL MOGOK - Ukuran Diameter Magnet Sepeda Motor - Salah satu yang harus diperhatikan ketika memodifikasi pengapian CDI dan pickup pulser adalah besar diameter magnet. bagaimana tidak ketika kita aplikasikan CDI sepeda motor merek lain maka kita harus tahu diameter motor tersebut karena jika beda, maka kita harus konversikan derajat pengapiannya ke diameter motor kita untuk menghitung panjang tonjolan pulser standarnya. namun apakah anda tahu ada rahasia dibalik magnet motor ini. langsung aja lihat rahasianya di bawah ini.

Ukuran Diameter Magnet Sepeda Motor


adakah dari anda yang benar – benar memperhatikan, bahwa hampir semua sepeda motor menggunakan ukuran magnet yang sama besar. Diameter magnet pada hampir semua sepeda motor tersebut adalah 112 mm. Kenapa demikian ?

Pembuatan magnet dengan ukuran 112 mm, dirancang untuk mempermudah pembagian waktu timming pengapian. Dengan ukuran diameter 112 mm , maka setiap 1 mm = 1 derajat. Maksudnya : seandaikan Anda ingin menggeser pick up pulser , maka setiap pergeseran 1mm itu sama dengan menggeser waktu pengapian sebesar 1 derajat.

Ukuran Diameter Magnet Sepeda Motor

Untuk pembuktiannya : Diameter magnet adalah 112 mm , ditambah dengan ketebalan dari pick up pulser 2 mm. Maka diameter total dari magnet + ketebalan pick up pulser adalah 116 mm. Mari kita hitung dengan rumus keliling lingkaran ,yaitu

K = 3,14 x D
K= 3,14 x 116 mm
K = 362 mm

Jadi hasilnya adalah 362 mm , dan dapat kita bulatkan 360 mm. Ini sama saja dengan keliling lingkaran 360 derajat.

sumber : ( http://asepjaponi.mywapblog.com/rahasia-magnet-sepeda-motor.xhtml )

Ukuran Diameter Magnet Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia