Beberapa Alat Penghemat BBM Bisa Anda Buat Dirumah

MOBIL MOGOK - Harga BBM atau bensin sekarang memang lumayan mahal, apalagi pemerintah dalam waktu dekat ini akan menaikan lagi harga BBM. nah untuk anda yang menggunakan kendaraan bermotor baik Mobil dan Sepeda Motor tentunya harus bisa mensiasati hal ini dengan pintar. salah satu yang bisa anda terapkan untuk langkah penghematan adalah dengan menggunakan kendaraan ber CC kecil. namun tentunya itu ribet karena harus ganti Mobil atau Sepeda motor. nah Untuk yang mudah adalah dengan Membuat atau Membeli Alat Penghemat Bahan Bakar ( BBM ).

Beberapa alat Penghemat BBM memang dijual di pasaran. namun jika ingin membuatnya bisa juga kok. dengan memperbesar pengapian atau seting Ulang karburator itu cara yang bisa anda lakukan.

Beberapa Alat Penghemat BBM Bisa Anda Buat Dirumah


Tanpa banyak kata, berikut ini Alat Penghemat BBM yang biasa anda buat dengan Cara Sederhana.

Beberapa Alat Penghemat BBM Bisa Anda Buat Dirumah
  • Padud Busi atau Cop Busi
Pada Sepeda motor, Cop atau Padud busi ternyata memiliki hambatan, letaknya tepat di dalam bengkokan padud busi. setelah diukur ternyata nilai hambatan pada motor Yamaha adalah 10 kilo ohm dan Honda 5 kilo ohm. untuk membuang hambatannya anda bisa potong tepat di bengkokan tersebut dan buang bagian yang bentuknya seperti sikring batang. untuk menyambung kembali bagian luar bisa gunakan plastic steel / lem besi. atau bisa beli padud busi produk racing yang banyak tersedia di pasaran.
  • Ground Strap
Teknik ground strap adalah teknik untuk memperbesar pengapian. cara kerjanya adalah untuk memfokuskan arus pada kabel koil atau kabel busi. untuk membuat ini selengkapnya bisa dilihat di Teknik Groundstrap.
  • Magnet
Magnet ternyata bisa dibuat untuk menghemat BBM. kenapa demikian, karena Konon katanya unsur kimia yang terkandung pada bensin adalah C8H18, dan elpiji adalah C5H12. Medan magnet dapat mempengaruhi susunan C ( karbon ) dan H ( hydrogen ) dalam BBM / BBG jika melintas didekatnya, sehingga bahan bakar yang akan memasuki proses pembakaran menjadi tersusun secara rapi antara C dan H, tidak seperti tanpa magnet atom C dan H dalam keadaan tercampur secara random. bagaimana cara membuatnya. berikut ini. Untuk penggunaanya di cincinkan pada selang BBM. selengkapnya lihat Sumber.
  • Seting Ulang Karburator
Menseting ulang spuyer bensin ( Main jet dan Pilot jet ) atau istilah mudahnya spuyer bensin dan angin adalah cara untuk menghemat BBM yang bisa anda terapkan pada mesin yang masih ber Karburator. tinggal anda turunin aja angka besar spuyer bensin atau pada sepeda motor bisa atur jarum skep ke yang paling irit. namun cara ini akan mengorbankan tenaga mesin dan bisa panas.

Sebetulnya masih banyak lagi yang bisa dibuat untuk jadi alat penghemat BBM, namun yang menurut saya mudah dan tidak memerlukan modal besar serta minim resiko adalah yang diatas tadi. semoga bermanfaat.

Beberapa Alat Penghemat BBM Bisa Anda Buat Dirumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia