Cara Agar Motor Tidak Mogok Saat Hujan / Banjir

MOBIL MOGOK - Motor mogok ketika musim hujan atau saat banjir adalah pemandangan yang banyak kita tenui di musim hujan. bagaimana cara agar sepeda motor tidak mogok atau hal apa saja yang harus disiapkan saat musim hujan dan banjir agar tidak mogok. nah, karena sebagian wilayah indonesia ini sudah mulai diguyur hujan lebat, kali ini MOBIL MOGOK mau berbagi tips Cara Agar Motor Tidak Mogok Saat Hujan / Banjir. tipsnya mudah dan bisa anda praktekan sendiri. 

Cara Agar Motor Tidak Mogok Saat Hujan / Banjir


Ketika berkendara menggunakan sepeda motor dan masuk ke musim penghujan, memang kita harus melakukan pemeriksaan pada beberapa komponen dari mesin. sepeda motor itu kan mesinnya lebih rendah dibanding mobil dan memang terbuka. jadi jika musim hujan dan banjir akan mudah mogok. memang untuk melintasi jalanan banjir ada tips dan trik melintasi jalanan banjir. namun itu nanti saja saya bahas. kali ini ke pemeriksaan mesin biar gak mogok saja dulu. percuma saja juga jika anda mau melibas jalanan banjir jika baru kena hujan aja motor anda udah mogok, bener gak.

Cara Agar Motor Tidak Mogok Saat Hujan / Banjir

Bagaimana cara agar sepeda motor anda gak gampang mogok saat musim hujan, berikut ini tipsnya.

  • Cop atau Padud Busi
Nah, salah satu yang bisa bikin motor anda mogok saat hujan itu adalah Cop busi atau padud busi yang tidak rapat, atau karet silnya udah keras dan tidak elastis lagi. jika sudah begitu, air bakalan mudah rembes masuk dan akan membuat arus setrum koil konslet. segera lakukan penggantian pada komponen ini, atau jika gak mau ganti, kasih lem sealer aja di ujung yang ke busi dan ujung yang ke kabel koil.


  • Karet Manipold Karburator
Karet ini yang menghubungkan antara karburator dan rumah atau box Filter udara. periksa kondisinya, jika ada sobekan, mending anda ganti aja, kenapa, karena jika air masuk bisa bikin brebet dan malahan mesin mati. untuk kenyamanan, segera ganti aja.
  • Koil dan Kabel Busi
Kalo pada sepeda motor sih koil dan kabel businya itu menyatu. periksa kabel busi dari keretakan, jika ada yang retak, solusinya bisa dililit pake solasi ban dan untuk ujung kabel yang ke koil, mending kasih lem sealer aja untuk jaga-jaga takutnya ada kebocoran yang jika basah maka akan konslet. begitu juga dengan socket kabel koil, biasanya socket ada pembungkusnya, jika sobek, ganti aja, banyak kok.
  • Ban
Kalo ini sih bukan ke masalah mogoknya, namun jika ban motor anda udah gundul, mending ganti aja, coz jika udah gundul bakalan licin tuh melindas jalanan basah.
  • Body
Nah kalo ini lebih ke kebiasaan. kebanyakan anak muda kan body motor banyak dilepas beberapa bagiannya. khusus untuk body yang menghalangi komponen kelistrikan dan socket kabel, mending pasang dulu deh selama musim hujan. sayang juga kan kalo CDI atau komponen lain mati gara-gara konslet.

Nah mungkin itu aja dulu buat Tips dan Cara Agar Motor Tidak Mogok Saat Hujan / Banjir. Semoga bermanfaat untuk anda.

Cara Agar Motor Tidak Mogok Saat Hujan / Banjir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia