Tips Menembus Banjir Agar Mobil & Motor Tidak Mogok

MOBIL MOGOK - Saat musim hujan tiba, di beberapa kota besar di Indonesia memang Rawan sekali banjir. terkadang banyak orang harus memaksakan kendaraannya baik Mobil dan Sepeda Motor menembus jalanan yang terendam banjir untuk sampai ke tempat tujuan ataupun kantor. Memaksakan kendaraan melintasi jalanan banjir memang sangat beresiko. salah satu yang umum adalah banjir. bukan hanya itu, jika anda sembrono, air bisa kesedot mesin dan akibatnya fatal, mesin bisa ancur.

Nah, bagaimana cara berkendara menembus banjir agar kendaraan anda, baik mobil dan sepeda motor tidak mogok. anda hanya harus perhatikan hal berikut ini.

Tips Berkendara Menembus Banjir Agar Tidak Mogok

1. Mobil

Untuk anda yang menggunakan Mobil, ketika akan memaksakan menembus jalanan banjir, perhatikan hal berikut ini.
  • Pastikan Ketinggian air tidak sampai merendam setengah bagian mesin. kalo terlalu tinggi, takutnya kipas radiator jika yang bukan elektrik, akan menyabet air dan bisa patah.
  • Beberapa jenis mobil seperti Truk terdapat rumah Filter udara lebih rendah dari mesin. copot filter udara dan copot selang manipold agar air tidak tersedot.
  • Beberapa jenis mobil lama seperti Daihatsu Zebra posisi distributor atau delco berada lebih rendah. patikan ketinggian air tidak sampai merendam komponen ini.
  • Pacu mobil anda jangan terlalu lambat, namun juga jangan terlalu kencang. kenapa begitu, bertujuan agar air sedikit tersapu bemper dan mesin tidak mati yang akan membuat air masuk ke knalpot.
  • Jika berhenti di tengah genangan air yang merendam knalpot. jika tidak ada pilihan, injak gas supaya RPM mesin agak tinggi.
2. Sepeda Motor
Tips Menembus Banjir Agar Mobil & Motor Tidak Mogok
  • Persiapkan beberapa hal seperti saya tulis di artikel sebelumnya Disini.
  • Ketika akan melindas jalanan banjir, yang perlu anda perhatikan adalah posisi kedalaman genangan air tidak sampai merendam komponen elektronik seperti CDI dll, dan juga tidak sampai merendam karburator dan filter udara.
  • Untuk busi pada motor bebek meski terendam akan aman jika anda lakukan pada point pertama.
  • Jangan melepas gas sampai posisi lansam jika mendadak anda harus berhenti di tengah genangan. tahan sedikit gas biar mesin gak mati dan knalpot gak kemasukan air.
Sebetulnya apapun alasannya, memaksa menembus jalanan banjir itu resikonya besar. bisa merusak mesin. kita gak akan tahu persis kedalaman air. jadi jika memaksa, anda harus siap dengan resikonya . nah semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Tips Menembus Banjir Agar Mobil & Motor Tidak Mogok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia