Cara dan Efek Modifikasi Klep Back Cut Valve

Mobil Mogok - Dunia modifikasi memang tak ada matinya, selalu ada inovasi baru. pada modifikasi korek mesin balap motor pada sektor klep yang belakangan ramai adalah aplikasi klep berdiameter besar. yang paling trend adalah klep milik Honda Sonic atau CS 1. bukan hanya memperbesar diameter payung klep, ada juga yang namanya "Back Cut Valve". apa tujuan dari teknik modifikasi ini. dan bagaimana cara membuatnya, berikut ini saya kutip dari beberapa sumber.

Tujuan dan Efek Klep Back Cut Valve


Maksud dan tujuan dari Back Cut Valve adalah Untuk Meringankan bobot klep tujuannya adalah dengan bobot klep yang ringan diharapkan buka dan tutup klep menjadi ringan, sehingga terhindar dari klep telat balik / floating. sedangkan keuntungan dengan ubahan ini maka gas masuk dan keluar semakin lancar, dan tentunya gak mudah floating. serta tidak diperlukan menggunakan per klep yang keras karena bobot klep sudah ringan. otomatis putaran kem akan ringan dan gak membebani putaran mesin secara signifkan (efisiensi mekanis) karena per klep tidak terlampau keras.

Cara Modifikasi Klep Back Cut Valve


Untuk membuatnya bisa bawa ke tukang bubut. atau pakai cara seperti tips " infobalapliarjakarta " seperti ini.

Cara dan Efek Modifikasi Klep Back Cut Valve
Modifikasi Klep Back Cut Valve

Cara dan Efek Modifikasi Klep Back Cut Valve
Contoh Modifikasi Klep Back Cut Valve

Cara dan Efek Modifikasi Klep Back Cut Valve
contoh Modifikasi Klep Back Cut Valve


  • Timbang bobot klep sebelum di modifikasi. dan timbang juga setelah di modifikasi.
  • Pasang klep di bor duduk,
  • posisikan gerinda tangan yang ada tumpuannya agar gak goyang.
  • hidupkan bor duduk,secara bersamaan hidupkan juga gerindanya,lakukan secara perlahan,sampai bentuknya dan bobotnya seperti yg kita kehendaki,
  • hati-hati gerindannya jangan sampai mengenai permukaan klep yang bersentuhan dengan seating valve.
  • Untuk finishingnya pergunakan amplas sampe kinclong.
Dengan cara ini anda akan lebih leluasa membentuk dan riset bentuk dan berat klep seperti yang anda inginkan. Satu lagi catatan, bobot klep juga bisa berpengaruh pada RPM mesin. misalnya (contoh); jika dengan bobot klep yang 18 gram,lift 9mm,per klep jepang mesin/klep aman hingga berkitir sampe 14rb Rpm, dan dengan bobot klep yg 15 gram akan mampu berkitir sampe 14.500rpm, maka anda bisa menghitung seterusnya. makanya disini memerlukan riset.

Cara dan Efek Modifikasi Klep Back Cut Valve Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia