Mobil Mogok Terendam Banjir, Ini Yang Harus Dilkakukan

Mobil Mogok - Musim hujan belum juga reda, banjir masih terlihat di beberapa kota besar di Indonesia. meski banjir, terkadang kita tak ada pilihan lain untuk berangkat kerja. ya tentunya kadang banyak orang memaksa menggunakan mobil untuk berangkat kerja atau menjalani aktifitasnya meski jalanan terendam air dengan ketinggian bervariasi. Dengan memaksa mobil melewati banjir, tentunya ada resiko mobil anda mogok ditengah-tengah banjir. jika itu terjadi apa yang harus dilakukan.

Ketika Mobil anda mogok akibat terendam banjir, tentunya anda harus tahu cara memperlakukan mobil anda, karena kalau salah, mesin anda bisa rusak parah / Rontok. nah sebetulnya apa yang harus dilakukan atau bagaimana cara memperlakukan mobil yang mogok terendam banjir, berikut ini tipsnya.

Cara Memperlakukan / Memperbaiki Mobil Mogok Kebanjiran

  • Jangan Langsung Menghidupkan Mesin Mobil
Ketika mobil anda mogok karena terendam banjir, jangan langsung anda coba menghidupkan mesin. periksa dulu apa yang menyebabkan mesin mobil anda mati dan sejauh mana kondisi mesin mobil anda terendam banjir. jika anda langsung menghidupkan mobil, ditakutkan mesin anda kemasukan air yang jika distarter maka akan membuat stang piston dan piston anda bengkok dan jebol akibat dari Water Hammer..

Mobil Mogok Terendam Banjir, Ini Yang Harus Dilkakukan

  • Minta Bantuan dan Dorong Mobil Kelaur dari Genangan Air
Sebaiknya anda mita bantuan untuk mendorong mobil anda keluar dari banbjir dengan segera. kenapa, karena ditakutkan air terus meninggi.
  • Cari Penyebab Mesin Mobil Anda Mati.
Setelah di posisi yang tidak banjir, jangan coba untuk menghidupkan mesin melainkan cari dan ketahui sejauh mana mobil anda terendam. jika ketinggian air tidak terlalu dalam dan mesin mobil anda mati, ini biasa terjadi pada mobil lama yang letak delko atau distributor berada di bawah mesin. seperti Daihatsu Zebra. coba buka tutup delco atau distributor dan keringkan.

Jika posisinya mobil anda terendam banjir cukup dalam hingga hampir merendam setengah bagian mesin maka coba periksa elemen saringan udara atau fiter udara. ditakutkan air tersedot ke ruang bakar. jika basah, dan ditemukan air, jangan hidupkan mesin. air tidak bisa dikompresi dan jika dipaksa hidupkan mesin akan membuat mesin jebol. untuk memperbaikinya anda harus buka semua busi dan putar mesin untuk membuang air di ruang bakar. jika tak memiliki keahlian mengenai perbaikan sebaiknya hubungi bengkel terdekat.

Jika Air merendam hingga komponen kelistrikan seperti ECU dan sikring, maka segera putus aliran listrik dengan cara mencabut kabel aki. dan segera hubungi bengkel terdekat untuk pengeringan dan pengecekan.
  • Perbaikan Lainya
Jika mobil anda terendam banjir, hal lainnya yang harus diperiksa adalah mengecek kondisi oli mesin, gardan dan transmisi. juga anda harus cek tangki bahan bakar. ditakutkan kemasukan air. bagian komponen rem juga harus dicek menjaga agar rem tidak macet akibat karat.

Nah sekian dulu, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.


Mobil Mogok Terendam Banjir, Ini Yang Harus Dilkakukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia