Penyebab dan Cara Memperbaiki Mobil Injeksi EFI Tersendat-sendat

Mobil Mogok - Pernahkah anda alami laju mesin mobil anda tersendat-sendat ketika dibawa jalan. pada mesin dengan menggunakan karburator memang indikasi awal akan mengira itu adalah karburator yang bermasalah, namun bagaimana jika pada mobil dengan mesin yang menggunakan sistem injeksi EFI. yang diketahui banyak menggunakan sensor dan lainnya.

Teknologi memang berkembang pesat, untuk mendiagnosa kerusakan pada EFI memang ada alat khusus untuk diagnosis. namun bisa juga dengan manual. disini akan saya coba berbagi apa yang saya tahu berdasar dari pengalaman. dan informasi yang saya dapat dari beberapa sumber.

Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Mobil Injeksi EFI Jalan Tersendat-sendat

  • Kondisi Busi Rusak
Busi yang rusak atau mau mati, ini bisa menyebabkan mesin mobil tersendat-sendat dan brebet. coba

Periksa busi dan atur kembali kerenggangan celah busi. jika sudah lama, mending ganti baru aja.

  • Fiter Fuel Pump Kotor
Fuel pump yang filternya kotor bisa menyebabkan suplai bahan bakar tidak lancar, dan ini tentunya bisa bikin mobil anda tersendat-sendat ketika dibawa jalan. bisa anda coba buka dan bersihkan Filter Fuel Pump.
  • Fuel Pump Rusak
Fuel Pump yang rusak akan bisa membuat tekanan bahan bakar kurang, ini juga bisa membuat mesin mobil tersendat-sendat. Fuel pump yang rusak juga terkadang bisa menyebabkan mobil susah dihidupkan.
  • TPS (Throttle Position Sensor)
TPS (Throttle Position Sensor) yang rusak atau bermasalah juga akan membuat mobil tersendat-sendat dan juga bisa membuat rpm mesin naik turun. Sensor ini bisa ditemukan pada throttle body, atau rumah skep gas. Ciri-cirinya adalah adanya kabel gas di seberang TPS pada throttle body. komponen ini dapat digeser-geser untuk penyetelan. coba anda kendurkan bautnya dan geser-geser.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Mobil Injeksi EFI Tersendat-sendat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia