Tips Menjaga dan Merawat Aki Kering Agar Awet

Mobil Mogok - Aki Kering atau MF Battery (Maintenance Free Battery) dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) adalah aki yang bebas perawatan atau Maintenance Free. jenis aki kering ini banyak dipilih oleh beberapa pabrikan otomotif karena anti tumpah air batterynya dibandingkan dengan tipe aki konvensional. dan juga masa pakainya atau umurnya yang lebih awet. tentunya awet dan tidaknya juga bisa dipengaruhi hal lain yang salah satunya perlakuan pengendara.

Tentunya sudah sering kita dengar kasus aki baru beli beberapa bulan dah rusak. apa yang menyebebkan ini. bisa dari beberapa hal. bisa jadi sistem pengisian yang dalam sepeda motor adalah kiprok dan alternator jika dalam mobil bermasalah, atau juga karena anda tidak teliti saat membeli. satu tips ketika anda membeli aki kering, adalah perhatikan kode angka produksi aki tersebut. karena aki kering sudah ada setrum dari sananya, maka jika disimpan terlalu lama bisa jadi tegangan turun dan harus di charge ulang sebelum dipasang ke kendaraan. atau bisa juga cek tegangan batterynya kurang dari 12,4 V maka harus charge ulang sebelum dipasang.

Tips Menjaga dan Merawat Aki Kering Agar Awet

Tips Menjaga dan Merawat Aki Kering Agar Awet


Nah itu kan ketika membeli. nah bagaimana jika merawat dan menjaga atau memperlakukan kendaraan agar aki lebih awet. kenapa gak merawat aki topiknya di poin ini, kan aki nya MF Battery (Maintenance Free Battery) alias bebas perawatan. gak bebas amat juga sih. tetap aja ada yang harus diperhatikan. langsung aja nih cara merawat aki kering nya. to the point aja ya.

  • Gunakan Kendaraan setiap hari atau minimalnya di panasin aja bisa 2 sampai 5 menit tiap hari meski gak dipakai. kenapa begitu, itu untuk supaya aki sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil.
  • Biasakan gunakan kick starter jika menghidupkan kendaraan di pagi hari. ini pasti dah tahu tujuannya.
  • Jangan paksa starter mesin terus menerus jika mesin tak mau hidup. lebih baik gunakan kick starter jika terjadi mogok atau beri jeda ketika menstarter. agar aki tidak cape. pasti ngerti ya kenapa cape.
  • Cek dan jaga kabel kutub (+) dan (-) aki selalu dalam kondisi bersih tidak karat dan kotor.  supaya arus lancar.
  • Cek kondisi sistem pengisian. karena ini pastinya jarang dilakukan. alangkah baiknya jika anda mengganti aki karena aki lama rusak, sebelum pasang cek dulu sistem pengisiannya. kenepa, takutnya akai lama anda rusak karena sistem pengisian yang bermasalah.
Nah itu saja tips dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. kalo aki kering anda terlanjur rusak bisa coba Perbaiki aki kering.

Tips Menjaga dan Merawat Aki Kering Agar Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia