Cara Mengatasi Mesin Diesel Hilang Tenaga

Mobil Mogok - Mesin Diesel atau orang banyak sebut mesin solar, memang dikenal mesin yang bandel dan jarang rewel. maka dari itu kebanyakan pemilik mobil dengan mesin diesel jarang memeriksakan kendaraan mereka untuk dilakukan perawatan berkala. jika ini terjadi maka bisa terjadi mobil mogok atau hanya sekedar tenaganya hilang. nah pada mesin diesel kenapapa jarang mogok atau dikenal bandel, mungkin salaha satunya karena gak ada komponen pengapian di mesin. mesin diesel tidak menggunakan percikan api busi untuk proses pembakaranya. saya gak harus jelaskan mengapa itu disini bukan. tentunya anda pasti sudah paham.

Nah bagaimana jika mobil diesel atau solar anda tenaganya drop atau hilang, apa yang harus anda lakukan dan apa sih yang harus diperiksa dan diperbaiki, nah penjelasanya berikut ini.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Tidak Bertenaga / Ngedrop


Jika mesin diesel kurang bertenaga atau ngedrop, hal yang harus anda lakukan adalah memeriksa dan memperbaikinya. sebagian mungkin bisa anda lakukan sendiri dan bawa aja ke bengkel jika takut malah nantinya mesin mogok. namun anda juga perlu tahu bukan apa yang menyebabkan dan apa yang harus diperbaiki. berikut ini.

  • Kerenggangan Katup
Dari pengalaman saya di bengkel, kerenggangan katup ini sangat berpengaruh pada tenaga mesin. untuk itu perlu dilakukan penyetelan ulang. minta pada mekanik langganan anda untuk menyetel ulang kerenggangan klep.
  • Fuel Filter / Filter Solar
Ini yang biasanya banyak menjadi penyebabnya. filter yang kotor akan menyumbat aliran bahan bakar dan akan sangat berpengaruh pada tenaga mesin. filter ini ada batas pemakaian. rata-rata orang mengganti filter bahan bakar pada mobil mesin diesel setiap dua kali ganti oli bersamaan dengan filter oli. biar tenaga selalu terjaga. mintalah mekanik untuk mengganti filter solar jika dirasa sudah lama tidak diganti.
  • Filter Udara
Filter udara yang kotor juga akan membuat tenaga tidak maksimal. semprot dan bersihkan menggunakan kompresor atau ganti aja jika terlampau kotor.

Itu mungkin hal paling dasar yang menyebabkan mobil mesin diesel atau solar kurang bertenaga atau hilang tenaga. penyebab yang lain bisa saja kopling selip, nozle pengebut bahan bakar bermasalah dan pompa injector perlu servis.

semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Hilang Tenaga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia