Cara Memperbaiki Power Window Avanza dan Jazz Yang Macet

Mobil Mogok - Power window yang macet pada mobil yang hanya menggunakan Power window untuk menurunkan dan menaikan kaca jendela pintu mobil atau buka tutup kaca mobil seperti pada Mobil Toyota Avanza dan Honda Jazz akan membuat anda sebagai pengemudi kesusasahan. pastinya anda akan susah untuk membayar parkir, bayar tol, sampai beli bensin di SPBU pun anda harus buka pintu karena kaca macet. Teknologi mode otomatis (Auto) pada power window memang menjadi salah satu teknologi yang banyak diterapkan pada mobil-mobil keluaran baru sekarang.

Perawatan memang diperlukan pada komponen penggerak kaca puintu / jendela ini, namun banyak para pengemudi atau pemilik mobil jarang memperhatikan komponen ini. apa saja yang perlu dirawat, untuk merawat kinerja Power Window pada kaca jendela adalah dengan sering membersihkan debu yang menempel pada kaca dan celah karet rel kaca. kenapa ini diperlukan, karena kotoran dan debu yang dibiarkan lama-lama bakal menumpuk dan kalo sudah menumpuk inilah yang yang menjadi penyebab utama dari seret dan macetnya gerak turun-naik power window sehingga tombol otomatis tidak berfungsi karena motor PW tidak kuat menggerakkan kaca.

Cara Memperbaiki Power Window Avanza dan Jazz Yang Macet

Selanjutnya juga setidaknya 5 bulan sekali Anda memakai silicon spray atau grease yang disemprotkan pada area run door glass supaya rel kaca tetap bersih sehingga kinerjanya tetap maksimal. cairan ini akan menjadi pelumas sisi kaca pada gerak naik dan turun sekaligus menjaga tidak terjadi lecet. dan jika terjadi macet atau rusak, bagaimana cara memperbaiki dan mengeceknya. lanjut dibawah ini.

Cara Memperbaiki Power Window Avanza dan Jazz Yang Macet

Cara Memperbaiki Power Window Avanza dan Jazz Yang Macet

Untuk memperbaiki Power Window pada Avanza dan Jazz, yang harus anda lakukan adalah mengenali apa yang menyebabkanya. jika motor dinamo masih hidup namun kaca terlihat berat, maka bersihkan jalur dan coba lumasi lebih dulu. dan masalah lainnya berikut ini.

Kelistrikan
Coba cek tegangan atau arus listrik pada soket kabel yang ke power window. pada umumnya voltmeter menunjukkan tegangan yang rendah semisal di bawah 5 volt maka segera lakukan perbaikan atau pembersihan pada kontak saklar atau bahkan penggantian. dan Cek juga sekring jika ada. jika kotor atau ngerak segera bersihkan agar arus tidak terhambat.

Motor / Dinamo
Banyak tukang servis yang mengatakan bahwa komponen motor assy power window (Dinamo) sering bermasalah (daya kerja yang melemah) pada jangka pemakaian yang sudah lama / panjang semisal 6 tahun lebih. untuk memperbaiki bisa cek / servis ke tukang dinamo atau ganti unit baru.

Semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu anda. terimakasih atas kunjungan anda.

Cara Memperbaiki Power Window Avanza dan Jazz Yang Macet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedi kurnia