Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil

30 September 2013 | Category MOBIL, SEPEDA MOTOR

MOBIL MOGOK – Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil – Salah hal yang bisa menyebabkan mesin Over Heat atau mengalami panas berlebih adalah rusaknya thermostat. Mesin Overheat adalah kondisi yang berbahaya bagi mesin kendaraan anda. bagaimana tidak ini bisa membuat mesin anda macet dan rusak parah. Kenapa thermostat bisa menyebabkan mesin panas dan bagaimana sih cara kerja dari Thermostat. Hampir pasti semua mobil dilengkapi dengan komponen mungil ( Thermostat ) ini untuk menjaga suhu kerja mesin tetap optimal antara 85 hingga 90 derajat celcius.

Memang temperatur cairan pendingin sangat punya pengaruh pada performa mesin. Mesin yang mengalami panas berlebih akan menyebabkan menurunnya performa dan jika terlampau panas bisa macet. Biasanya temperature kerja atau temperature di mana mesin dapat bekerja maksimal berkisar pada 85-90°C. Thermostat adalah berupa katup yang terbuat dari dua buah jenis logam berbeda yang mana jika dilalui oleh suhu diatas suhu kerja maka katup ini akan membuka, dan menutup kembali ketika suhu sudah kembali dingin ( kembali ke suhu kerja ). katup inilah yang mengatur aliran cairan pendingin dan menjaga suhu mesin agar selalu dalam suhu kerja mesin yang optimal.

Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil

Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil

Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil

Thermostat ini akan bekerja membuka katupnya ketika suhu air pendingin atau water coolant pada mesin sudah mencapai suhu kerja yang besarnya antara 85 sampai 90 derajat celcius. Dan valve thermostat akan menutup kembali ketika suhu mesin sudah menurun.

Pada awal mesin dihidupkan maka suhu atau temperatur kerja mesin ini masih rendah sebab suhunya masih dingin seperti suhu ruangan yang besarnya kira kira 23 sampai 25 derajat celcius. Dan air pendingin didalam mesin akan bersirkulasi dengan bantuan pompa air dan terus berputar putar dari mesin melalui selang bypass kemudian ke pompa air begitu seterusnya sampai suhunya benar benar mencapai temperatur kerja.

Setelah temperatur kerja mesin tercapai dan agar mesin tidak overheating maka katup thermostat ini akan otomatis terbuka dan membebaskan air bersuhu panas didalam blok mesin menuju radiator untuk didinginkan, sedangkan air dingin dari radiator akan dimasukkan kedalam blok mesin guna mendinginkan mesin. dan begitu seterusnya.

sekian tentang Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil, semoga bermanfaat…………………

Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil | dedi kurnia | 4.5