Cara Memasang Relay Lampu Mobil Motor

21 Mei 2013 | Category MOBIL, SEPEDA MOTOR

MOBIL MOGOK – Cara Memasang Relay Lampu Mobil Motor – Penggunaan relay dalam kendaraan bermotor adalah sebagai saklar, biasanya digunakan untuk mematikan dan menyalakan lampu. Untuk memasang relay lampu motor sebagai saklar on/off, anda perlu memotong beberapa kabel yang terhubung dengan lampu. berbeda dengan memsang relay pada lampu motor, jika pada mobil, dalam memasang relay lampu mobil ini ada dua cara, yakni dengan membeli satu set lampu relay atau dengan membuatnya sendiri. Cara pertama lebih simpel namun harganya cukup mahal, dan cara kedua sedikit rumit dan harganya murah.

Kenapa butuh menempatkan relay ? relay yaitu komponen elektronika berbentuk saklar elektronik yang digerakkan oleh arus listrik. di antara manfaat relay yakni sangat mungkin penggunaan arus kecil untuk mengontrol arus yang semakin besar manfaat kurangi beban aki ( accu ) pada kendaraan.

Cara Memasang Relay Lampu Mobil dan Motor

Pada kondisi seperti apa anda membutuhkan menggunakan relay pada rangkaian kelistrikan seperti lampu, adalah seperti bila ingin ganti bola lampu mobil atau motor dengan yang lebih terang, contohnya standarnya 55 watt dapat diganti dengan 90 watt agar tampak lebih terang, baiknya memakai relay karena bila tidak memakai relay bisa menyebabkan bolam ( bola lampu ) jadi putus, serta soket lampu jadi hangus dikarenakan panas yang bisa berujung pada kebakaran pada mesin. oleh karena itu, tampak sepele tetapi bisa menyebabkan perihal yang jelek contohnya kebakaran.

relay mobil bisa di beli pada toko peralatan mobil, beli saja yang telah lengkap kelak tinggal pasang. langkah pemasangannya cukup gampang dikarenakan umumnya saat beli relay telah dilengkapi dengan panduan pemasangan. atau bila ingin merakit sendiri baik untuk mobil dan sepeda motor adalah seperti berikut diagramnya.

Skema Diagram Pemasangan Relay Lampu Mobil dan Motor

Skema Diagram Pemasangan Relay Lampu

Skema Diagram Pemasangan Relay Lampu

Di Relay pada bagian kaki nya terdapat nomor dan berikut penjelasan untuk nomor2 tersebut.

  • 30 ke (+) Accu – terlebih dahulu melalui fuse / sikring.
  • 86 ke Ground / body ( masa body )
  • 85 ke saklar ( kabel dari saklar lampu )
  • 87 ke (+) lampu ( bohlam )
  • lampu jauh dan dekat memakai Relay masing2, makanya di gambar ada dua relay.

sekian tentang Cara Memasang Relay Lampu Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Incoming search terms:

cara pasang relay lampu mobil, cara pemasangan ralay lampu mobil, cara pasang relay lampu, cara pasang rely lampu mobil, cara memasang relay lampu kereta, rilai, relay lampu, rakitan kabel lampu mobil, pemasangan relay lampu mobil, pasang relay lampu mobil, cara pasang riley lampu mobil, cara pasang rilay lampu motor, Cara pasang relay mobil, cara memasang relay lampu mobil, skema relay

Cara Memasang Relay Lampu Mobil Motor | mobilmogok | 4.5