Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik

22 Juli 2013 | Category SEPEDA MOTOR

MOBIL MOGOK – Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik – Sistem transmisi otomatis yang digunakan motor matic digerakkan oleh sistem transmisi berkelanjutan atau yang disebut Continuous Variable Transmission (CVT). Di dalam CVT terdapat 3 komponen penyusun utama untuk menggerakkan mesin motor yaitu Drive Pulley ( puli primer), Driven Pulley ( puli sekunder ) dan V-belt ( sabuk berbentuk V). Dua buah puli yang terdapat pada CVT tersebut memiliki mekanisme penggerak yaitu kopling sentrifugal yang mengatur pergeseran masing-masing puli secara continue dan berdasarkan pada tinggi rendahnya putaran mesin motor.

Motor matic / motor bertransmisi cvt dapat mulai tidak nyaman saat memasuki penggunaan 5. 000 km. situasi seperti ini berlangsung pada penggunaan di lokasi dengan iklim tropis. sumber ketidaknyamanan itu berlangsung dikarenakan penumpukkan debu di clutch carrier ( kampas kopling ) yang bisa menyebabkan daya cengkeram clutch carrier yang tidak prima. kondisi ini dapat dirasakan waktu mesin digeber dari situasi stasioner ke putaran mesin lebih tinggi lagi. disebabkan slip ini, vibrasi disebabkan pertambahan torsi mesin dapat merambat ke bodi. yang sangat merasa dibagian kaki serta setang kemudi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan di periksa secara berkala pada komponen CVT ini terutama pada kopling. dan berikut ini Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik.

Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik

Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik

Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik

1.    Memeriksa V-belt

Kondisi ­v-belt yang mulai rusak harus segera diperiksa bila perlu diganti. V-belt  merupakan komponen penting dalam CVT, karena fungsinya sebagai penghubung puli primer dengan puli sekunder.

2.  Memeriksa Roller

Kondisi roller yang rusak atau hancur harus segera diganti dengan yang baru. Rusaknya roller bisa disebabkan kerja roller mengalami keausan. Gejala yang bisa terjadi jika roller rusak adalah terdengar bunyi atau suara yang berisik di dalam bagian CVT bagian depan.

3. Kampas Kopling

Kampas ganda motor matic walaupun umur pemakaiannya bisa melebihi 30 ribu kilo tetap tidak luput dari pengecekan rutin. Bersihkan dari debu dan kotoran, serta jika melihat ketebalan kampas ganda sudah tipis maka segera lakukan pergantian. Jika kampas dibiarkan sangat tipis atau sampai habis akibatnya bisa menggesek rumah kampas ganda sehingga bagian ini bisa menjadi cepat aus.

3.   Rutin Mengganti Oli Transmisi

Selalu periksa dan ganti secara rutin oli trasnmisi motor matic anda agar kinerja komponen CVT di dalamnya selalu optimal dan selalu dalam keadaan dingin. Usia komponen CVT dipengaruhi juga oleh kondisi pelumas transmisinya.

Selain komponen – komponen diatas sebenarnya masih banyak part CVT Matic lain yang harus diperhatikan. Motor jenis matic memang harus membutuhkan perawatan ekstra dibanding motor jenis lainnya. Sebaiknya pengecekan dan service CVT dilakukan setiap menempuh perjalanan 10ribu km atau 6 bulan sekali. Selain mengecek, brader disarankan sekalian memperbarui pelumas grease CVT. Jika hal tersebut rutin dilakukan maka tindakan pencegahan bisa dilakukan, komponen yang rusak bisa terdeteksi secara dini sehingga kerusakan tidak merambat pada komponen CVT lainnya. Biaya perawatan cvt motor matic pun otomatis akan lebih ringan.

sekian tentang Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik, semoga bermanfaat…….

Incoming search terms:

sproketmetic, fungsi sprocket kopling, Apakah motor matic ada kopling, cara membersihkan kampas kopling matic, memeriksa sepatu kopling sepeda motor metik, seporket metic

Cara Merawat Kopling CVT Motor Matik | mobilmogok | 4.5