Cara Spooring/Spuring roda mobil Memakai Benang

14 Mei 2013 | Category MOBIL

Mobil Mogok Cara Spooring/Spuring roda mobil – Spooring adalah salah satu proses untuk mengatur kembali keselarasan roda-roda mobil. pada umumnya spooring dilakukan jika melakukan penggantian komponen pada kaki-kaki mobil bagian depan seperti mengganti tie rod dan ball joint juga sayap. Spooring jika dilakukan di bengkel-bengkel khusus spooring adalah menggunakan alat khusus yang sudah komputerisasi namun jika dilakukan tanpa alat tersebut juga bisa dengan cara manual dan sederhana. Hasil spooring dengan cara sederhana juga bagus dan banyak dilakukan di bengkel-bengkel mobil.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara spooring/spuring roda kendaraan menggunakan benang. cara yang sangat sederhana tapi sangat efektip. biasa dilakukan di bengkel-bengkel di daerah yang jauh dari fasilitas spooring modern. caranya mudah, anda hanya memerlukan benang, yang biasa digunakan adalah benang kasur (sebutan di daerah saya) yang biasa digunakan oleh tukang bangunan. cara spooring ini selain memakai benang juga bisa dilakukan dengan menggunakan meteran. dan untuk menggunakan meteran bisa dilihat di cara spooring pakai meteran. untuk spoorng menggunakan meteran lebih cocok untuk mobil-mobil truk. jika mobil-mobil kecil kebanyakan menggunakan metode spooring pakai benang.

Cara Spooring/Spuring roda mobil  Memakai Benang

cara spooring memakai benang :

Cara Spooring/Spuring roda mobil  Memakai Benang

Cara Spooring/Spuring roda mobil Memakai Benang

  • pertama kita parkirkan mobil di tempat yang permukaannya rata.
  • lepas dop velg/velk bila anda menggunakanya.
  • lingkarkan benang dari roda belakang kearah roda depan sampai ke roda belakang sisi lainnya. dengan mengikatkan ujung-ujung benang ke chasis,per, atau apa saja di bagian dalam belakang roda.
  • setel panjang tie rod sehingga mendapatkan setelan yang pas.
  • setelan yang pas yaitu anda lihat pada roda depan, sisi roda depan bagian belakangnya pas menyentuh benang (tidak renggang dan tidak mendorong benang). pada kedua sisi roda depan (roda kiri dan kanan)
  • kencangkan kembali mur pengunci setelan tie rod.

Cara spooring diatas adalah cara spooring yang dilakukan dengan metode sangat sederhana yang banyak dilakukan di bengkel-bengkel yang tidak ada fasilitas spooring dan jauh dari bengkel khusus spooring. cara ini hasilnya juga ampuh dan tidak jauh beda dengan cara spooring dengan alat khusus spooring.

Sekian tentang Cara Spooring/Spuring roda mobil Memakai Benang, Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda ke Cara Spooring/Spuring roda mobil Memakai Benang.

Cara Spooring/Spuring roda mobil Memakai Benang | mobilmogok | 4.5