Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya

27 Juni 2013 | Category MOBIL, SEPEDA MOTOR

MOBIL MOGOK – Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya – Pada kali ini, saya akan mengulas tentang Ciri Top Mesin dan cara mengetopkan mesin. sebagaimana kita tahu dalam melakukan perbaikan kadang ada bagian yang harus kita pahami dulu letak TOP nya. seperti saat akan menyetel klep atau membuka cylinder head. Mengetahui posisi top mesin sangat diperlukan dalam proses penggantian rantai keteng, Timing belt jika pada mobil dan lainnya. Ada tanda-tanda pada blok mesin serta gigi-gigi pada mesin yang menandakan top mesin.

Posisi top mesin ditandai dengan menutupnya kedua katup (in dan ex)pelatuk klep longgar (bebas tidak menekan) serta posisi piston berada di titik mati atas. Adapun tanda2 yang biasanya dipakai pada gigi adalah (panah, angka, coakan, dan ciri warna) perhatikan dan lihat apa ciri yang dipakai, cari lawan dari tanda TOP nya. Setiap mesin memiliki tanda top yang berbeda-beda namun akan tetap sama posisinya jika pada posisi piston, cam atau noken as dan klep. apa sajakah tanda top mesin pada berbagai mesin, berikut ini selengkapnya.

Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya

Tanda umum yang ada pada mesin sebagai penanda top mesin adalah seperti tanda panah, angka, coakan, garis, dan ciri warna. tanda tersebut akan ada sepasang antara gigi dan di blok mesin. Apa saja yang harus di top kan, adalah noken as / cam shaft, Kruk as, dan balancer jika ada. selanjutnya dibawah ini adalah contoh untuk cara mengetopkan.

Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya

Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya

Sebagai contoh untuk mesin yang pake timing belt tanda top ada di gigi dan body mesin. sedangkan untuk mesin yang menggunakan gigi saling berkait berarti tanda ada di gigi dan gigi (mesin diesel duduk, mesin truk dll). dan untuk yang pakai rantai keteng, tanda ada yang di gigi dan rantai dan ada juga yang di gigi dan blok mesin.

Untuk lebih menunjang lagi referensi anda ketika berniat membongkar mesin sendiri, anda harus mengetahui Cara menyetel Keteng / kamrat. karena pastinya ini komponen yang menjadi penghubung kedua gigi yang anda TOP kan. sebagai finishing, tentunya anda harus menyetel klep kembali. karena pastinya ukuran celahnya berubah lihat di Cara Menyetel Klep dan Ukuran Kerenggangan Klep.

ingat dan pastikan posisiTOP mesin sebelum anda membongkar mesin yang memerlukan pengetopan kembali saat memasang komponen baru atau saat memasangnya kembali.

sekian  Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya semoga bermanfaat serta terimakasih atas kunjungan anda.

Incoming search terms:

ciri ciri top 1 pada mobil, timing chain avanza tidak ada tanda, top timing belt suzuki futura, cara ngetop timing avanza, ciri ciri top 1 dan top 4, tanda top bospom strada, cara setel klep mobil carry 1 0, tdc mesin suzuki mega cerry, ciri ciri top 1, cara menyetel pump mitsubishi, cara memasang timingbel mobil ceri, cara menentukan top mesin mobil carry, cara mengambil top mobil bensin, posisi top atas mesin toyotahiace 85 disel, cara top mobil

Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya | mobilmogok | 4.5

Konten Yang Sesuai :