Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve

16 September 2013 | Category SEPEDA MOTOR

MOBIL MOGOK – Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve – Katup harmonika / Reed valve atau juga banyak yang sebut katup buluh adalah komponen katup yang banyak dipake pada motor dengan mesin 2 tax. bagaimana katup ini bekerja dan bagaimana cara kerjanya. Berbeda dengan katup yang ada pada mesin 4 Tak, katup ini tidak perlu mekanis yang mengandalkan putaran mesin seperti pada katup 4 Tak. Pada dasarnya jauh berbeda dengan katup 4 Tak.

Katub buluh atau Harmonika atau juga bahasa tekniknya disebut reed valve adalah pintu masuk dari campuran udara pada sistem mesin 2 langkah (2 tak). Sebelum katup buluh banyak digunakan di motor 2 tak, motor 2 tak menggunakan sistem pemasukan bahan bakar sistem rotari. Sepeda motor dengan sistem reed valve adalah sepeda motor yang pembukaan dan penutupan saluran pemasukan gas barunya diatur oleh suatu alat yang disebut reed valve atau disebut juga klep harmonika. selengkapnya tentang Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve adalah sebagai berikut ini.

Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve

Reed valve sangat peka terhadap pengaruh luar. Reed valve atau katup buluh atau katup harmonika hanya dipergunakan pada mesin dua langkah. Tetapi tidak semua mesin dua langkah menggunakan katup harmonika ini. Klep harmonika berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas bensin dari karburator ke ruang engkol. Reed valve dipasangkan pada saluran masuk sepeda motor. Letaknya adalah setelah karburator bila dilihat dari arah gas baru masuk.

Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve

Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve

Katup ini dapat disetel, tergantung keperluannya. Kesalahan penyetelan terhadap katup harmonika dapat menyebabkan kebocoran gas. Reed valve bekerja berdasarkan perubahan tekanan pada ruang engkol. Ini terjadi pada saat piston bergerak. dan inilah yang terjadi pada proses ketika katup ini membuka dan menutup.

  • Katup Buluh membuka

Katup buluh akan membuka disaat ada kevakuman di ruang engkol mesin (belakang piston) pada saat piston dari posisi Titik Mati Bawah (TMB)  ke posisi Titik Mati Aatas (TMA) .  Dengan terbukanya katup buluh maka campuran udara dan bahan bakar akan mengisi ruang engkol.

  • Katup Buluh tertutup’

Katup Buluh akan tertutup disaat ada tekanan diruang engkol mesin pada saat piston bergerak dari posisi TMA ke posisi TMB. Dengan tertutupnya katup buluh maka campuran bahan bakar dan udara yang ada di ruang engkol akan ditekan atau di dorong menuju ruang bakar melalui lubang transfer.

sekian tentang Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve, terima kasih kunjunganya dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Harmonika membran suzuki st20, Harmonika st20

Cara Kerja Katup Harmonika / Reed Valve | dedi kurnia | 4.5