Cara Memperbaiki ECU Motor & Mobil

28 Januari 2018 | Category MOBIL, SEPEDA MOTOR

Mobilmogok.com – ECU adalah komponen pada kendaraan dengan sistem injekksi EFI. ECU adalah komponen ibarat otak yang mengatur seluruh kinerja dari sistem baik motor maupun mobil mulai dari kelistrikan dengan bagian mesin. Jika terjadi kerusakan pada ECU tentunya bisa mengakibatkan kinerja mesin terganggu dan bahkan bisa mengakibatkan mesin mogok mati total. Harga ECU baik ECU motor maupun ECU Mobil memanglah lumayan mahal. karena ini adalah komponen elektronik, ECU bisa saja cepat mati jika terjadi korslet ppada jalur kabel body.

Berikut ini ialah cara untuk mengetahui apakah ECU telah mengalami kerusakan ataupun belum, caranya cukup mudah dengan memperhatikan lampu indikator yang berwarna kuning yang berada didashboard mobil anda. Jika  lampu indikator yang berwarna kuning di dashboard tersebut cepat mati pada saat anda akan menyalakan mobil hal tersebut pertanda bahwa ECU pada mobil dalam kondisi normal. Tetapi jika lampu yang berwarna kuning tersebut menyala untuk waktu yang cukup lama dapat dimungkinkan ECU mobil anda telah mengalami kerusakan.

Namun hal tersebut juga harus dipastikan dulu apakah rusak atau hanya terjadi error saja. untuk itu, anda bisa coba terlebih dahulu mereset ECU Motor atau Mobil anda. caranya adalah sebagai berikut ini.

Cara Mereset ECU Motor & Mobil Dengan Mudah

  1. Lihat terlebih dahulu buku pedoman pemilik yang biasanya telah dibawakan pada saat melakukan pembelian unit baik motor dan mobil.
  2. Biasanya untuk petunjuk mobil tersebut tertulis Beberapa jenis ukuran sekring yang dipakai apakah itu memakai jenis STOP 10 ampere, TAIL 10 ampere, atau EFI 15 ampere.
  3. carilah lokasi sekring tersebut di box sekring.
  4. Lepas sekeringnya.
  5. Biarkan dalam durasi waktu kurang lebih 3 menit
  6. langkah selanjutnya bisa memasang kembali bagian-bagian sekring yang telah dilepas tadi.
  7. langkah terakhir ialah dengan mencoba menyalakan mobil anda. Jika mobil mesinnya bisa menyala dengan normal maka silahkan tunggu sampai 5 menit untuk memastikan bahwa tidak ada masalah yang terjadi.

Cara Memperbaiki ECU Motor & Mobil Sendiri Dengan Mudah

Cara memperbaiki ECU motor Mobil

Cara memperbaiki ECU motor Mobil

  1. Jika terjadi gejala kendaraan yang abnormal, lakukan identifikasi kerusakan dengan teliti, apakah kerusakan dibagian sensor, actuator, atau di rangkaian ECU. Jangan sampai ngotak-ngatik ECU, ternyata yang rusak sensornya.
  2. Cari riwayat service kendaraan tersebut. Apakah pernah diservice ECU-nya dan hal ini akan membantu pelacakan kerusakan.
  3. Amati dengan teliti. Jika telah yakin bahwa ECUnya yang rusak, maka bongkar saja ECUnya, amati dengan teliti, mungkin saja ada bau gosong.
  4. Setelah proses itu, amati lagi apakah ada komponen yang rusak secara fisik, misalnya kaki komponen berkarat, atau bahkan patah. Solder ulang bagian yang retak.
  5. Amati kemungkinan jalur PCB yang putus/retak.
  6. Jika semua sudah tampak normal, maka selanjutnya lakukan pengecekan komponen (ini memerlukan ketrampilan khusus.
  7. Jika komponen sulit dicari, cobalah untuk mencari persamaannya. (ini memerlukan tabel persamaan komponen)
  8. Setelah proses tersebut telah dilaksanakan, tulislah dalam buku semua langkah dan riwayat penggantian komponen, hal ini akan bermanfaat ketika menjumpai kasus yang serupa. Nah itulah prosedur dan cara memperbaiki kerusakan pada ECU atau ECM.

Sekian tentang Cara Memperbaiki ECU Motor & Mobil Sendiri Dengan Mudah, semoga bermanfaat serta terimakasih atas kunjungan andda ke Cara Memperbaiki ECU Motor & Mobil Sendiri Dengan Mudah.

Incoming search terms:

cara memperbaiki ecu motor, cara mengatasi ecu motor rusak, cara memperbaiki ecu motor injeksi, cara membetulkan ecm, memperbaiki ecu motor yang bermasalah, masalah jika ecu motor rusak, Ecu normal dan ecu mati, ecu mati bisa dibetulin, cara perbaiki ecu motor, cara meyervis ecu mobil, cara memperbaiki ecu yang rusak, cara memperbaiki ECU, mobilmogok com

Cara Memperbaiki ECU Motor & Mobil | mobilmogok | 4.5