Cara Memperbaiki Klakson Mati

27 Juli 2013 | Category MOBIL, SEPEDA MOTOR

Mobil Mogok – Cara Memperbaiki Klakson Mati – Klakson mati, itu masalah yang kayaknya sepele tapi sangat menjengkelkan. klakson atau (Horn) inggris adalah komponen yang banyak sekali fungsinya bagi para rider maupun driver. Salah satu komponen ini memang penting tetapi banyak orang mengabaikan akan komponen yang satu ini, yaitu klakson. Karena pengendara motor yang beranggapan, jika mengemudi tanpa klakson pun nggk bakalan apa-apa. Tetapi faktanya banyak kecelakaan di sebabkan karena klakson mati. Anda bisa di tabrak atau menabrak.

fungsi klason sangat banyak, dari mulai alat untuk saling menyapa di jalan, alat untuk memperingatkan pengendara lain, sampe alat bunyi2an iseng. Banyak sekali pengguna motor di indonesian ini yang mengabaikan akan hal klakson ini, memang klakson ini jarang ada yang ruksak. Karena pemakaiannya tidak terus menerus, juga komponen yang satu ini tidak termasuk komponen bergerak yang lebih berpotensi rusak. Namun pasti suatu komponen yang digunakan akan mengalami kerusakan tidak berbunyi. jika anda menemui masalah dengan klakson anda, mati atau juga suara ngerebek kurang nyaring, bagaimana cara memperbaikinya sebelum anda me lembiru klakson anda. lempar ganti baru maksudnya, hehe…………….

Cara Memperbaiki Klakson Mati

Berikut ini tahapan untuk memeriksa kerusakan pada kondisi klakson mati atau tidak berfungsi. dan cara ini langsung ke inti pada komponen klakson nya.

Untuk mengetes kondisi klakson, anda bisa buka klakson dan langsung tes diluar dengan cara siapkan dua buah kabel, pasang pada dua kaki socket kabel. dan satu kabel (-) tempelkan ke massa atau body, satu kabel lagi (+) tempel atau gesek ke setrum yang bisa dari aki langsung kutub (+) positif.

  • Jika Klakson Tidak Bunyi
Cara Memperbaiki Klakson Mati

Cara Memperbaiki Klakson Mati

Jika Klakson tidak bunyi maka dipastikan mati atau bermasalah. bisa anda coba perbaiki dengan cara putar saja setelanya ( Baut kecil di bagian belakang ) kekanan atau kiri, cari suara yang paling nyaring, atau kalo yang mati cari yang sampe bunyi. jika klakson anda tidak juga mau bunyi, wah gak ada cara lain anda harus menggantinya.

  • Jika Klakson Bunyi

Jika klakson bunyi maka kerusakan yang terjadi adalah pada rangkaian kabel dan saklar. untuk memperbaikinya lakukan pemeriksaan pada bebebrapa komponen berikut ini.

Periksa Aki Motor & Sekring

Periksa aki. Jika aki sudah soak maka dapat dipastikan klakson anda tidak akan berbunyi dengan keras, bahkan tidak hanya aki saja namun starter dan juga lampu kendaraan pun menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik.

Periksa sekring

periksa juga sekring jika pada rangkaian kelistrikan klakson menggunakan sekring. ini biasanya pada mobil atau juga bisa pada sepeda motor yang sudah dirubah rangkaian kabelnya dan menggunakan sekring tambahan.

Periksa Saklar Klakson

Periksa saklar klakson dan pastikan listrik sampai ke saklar dan juga keluar dari saklar ketika saklar dipijit.

Periksa Relay Klakson ( Jika Ada )

Banyak para pemilik kendaraan mengupgrade ukuran klakson atau mengganti klakson dengan jenis klakson keong yang biasanya membutuhkan penambahan relay pada rangkaian kelistrikan klakson nya. relay mati akan menyebabkan klakson tidak bunyi.

Periksa Kabel

Periksa bagian kabel klakson karena kemungkinan saja ada yang terlepas. dan cek juga apakah listriknya nyampe atau tidak. jika arus listrik ada dan klakson masih tidak bunyi, maka klakson bisa dipastikan bermasalah.

sekian Cara Memperbaiki Klakson Mati, semoga bermfaat dan terimakasih atas kunjungan anda ke Cara Memperbaiki Klakson Mati.

Incoming search terms:

cara betulkan klakson yang sudah mati

Cara Memperbaiki Klakson Mati | mobilmogok | 4.5