Penyebab & Cara Memperbaiki Engkol Motor Keras & Ngelos

29 Januari 2018 | Category Uncategorized

Mobilmogok.com – Penyebab & Cara Memperbaiki Engkol Motor Keras & Ngelos – Engkol motor keras bisa terjadi akibat engkol motor atau kick starter lama tidak digunakan. Ini banyak terjadi pada sepeda motor jenis matic. engkol motor yang keras ataupun juga engkol motor yang ngelos memang kendala yang bisa terjadi pada sepeda motor yang sudah mulai berusia. adapun cara untuk memperbaiki engkol motor yang keras dan ngelos adalah sebagai berikut ini.

Sebelum kita ke cara memperbaiki engkol motor yang keras & ngelos, ada baiknya kita ketahui dahulu apa saja yang menyebabkan engkol motor menjadi keras dan juga bisa ngelos.

Penyebab Engkol Motor Keras & Ngelos

memperbaiki engkol motor

memperbaiki engkol motor

Adapun penyebab yang biasa terjadi kenapa engkol motor menjadi keras sebagai berikut:

  • Engkol motor sangat jarang di gunakan yang sehingga engkol pada waktu yang cukup lama mengalami kerak serta karat pada gigi dan gir kick starter dan pada per stopper yang menjadi penghubung antara gir.
  • Pada bagian CVT yang jarang dibuka serta di beri pelumas pada titik per stopper dan juga gir primer pada engkol motor kalian.

Dan untuk penyebab yang biasa terjadi kenapa engkol motor menjadi ngelos adalah sebagai berikut:

Yang bisa menjadi penyebab engkol motor ngelos adalah kompresi yang bocor baik akibat klep terganjal kotoran atau juga akibat piston dan ringnya udah aus. yang kedua adalah pada beberapa jenis motor juga bisa diakibatkan oleh kampas kopling yang sudah aus. nah bagaimana cara untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Engkol Motor Keras & Ngelos

Yang pertama adalah cara memperbaiki engkol motor keras pada motor matic, adalah sebagai berikut :

  • Bongkar tutup CVT pada motor.
  • Bersihkan pada bagian penghubung gir dengan menggunakan bensin serta sedikit kalian sapu dengan menggunakan kuas/sikat gigi ataupun bisa menyemprotkan angin kompresor ke bagian yang telah berkarat.
  • Pada per stopper serta alur gigi engkol sedikit kalian berikan oli atau pelumas dan bisa juga dengan memakai gemuk supaya per stopper akan kembali lentur dan dapat berfungsi dengan maksimal tanpa kesat.
  • Selanjutnya pada bagian penghubung gir engkol sebaiknya kalian bersihkan juga dengan memakai bensin dan kuas, hal ini dapat membuat engkol kalian akan menjadi semakin leluasa serta tidak keras.

Yang kedua adalah cara memperbaiki engkol motor ngelos, adalah sebagai berikut :

Untuk cara memperbaiki engkol motor ngelos karena kompresi bocor akibat klep terganjal kotoran atau kerak, anda bisa memasukkan sedikit oli baru ke lobang intake manipold (lubang hisap). oli baru ini dapat membuat kotoran terbuang dan membantu kompresi menjadi tidak bocor. langkah selanjutnya bisa engkol motor dan jika hidup langsung tancap gas biar kotoran erbuang. Jangan takut jika saat motor dinyalakan bakal keluar asap karena oli baru itu terbakar di dalamnya dan nati juga bakal hilang.

Pada kasus engkol motor ngelos akibat kampas kopling aus, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti kampas kopling tersebut.

Untuk memperbaiki engkol motor ngelos akibat ring piston dan piston sudah aus caranya hanya bisa dilakukan dengan menaikan ukuran piston.

Sekian tentang Penyebab & Cara Memperbaiki Engkol Motor Keras & Ngelos semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Incoming search terms:

motor tidak bisa di engkol keras, cara mengatasi engkol motor ngelos, engkol motor keras, cara memperbaiki engkol motor, penyebab engkol motor bebek keras, penyebab engkol motor keras, engkol motor matic keras, kenapa engkol motor keras, penyebab engkol motor jupiter z ngelos, cara membetulkan engkol motor yg keras, efek apah engkolan motor keras, cra perbaiki grin engkol stter kras, cara mengatasi engkol motor keras, vidio cara memperbaiki engkol vega keras, cara membetulkan motor mio yg di selah nya keras

Penyebab & Cara Memperbaiki Engkol Motor Keras & Ngelos | mobilmogok | 4.5